Mengenal Jurusan Teknik Kimia, Dibutuhkan Perusahaan BUMN PT PP

Selasa, 07 Februari 2023 - 09:52 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Teknik Kimia, Dibutuhkan Perusahaan BUMN PT PP
Mengenal jurusan Teknik Kimia yang memiliki peluang karier di perusahaan BUMN. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung ( ITB ) memiliki beragam jurusan Teknik, salah satunya Teknik Kimia . Potensi karier untuk lulusan Teknik Kimia ternyata dibutuhkan oleh perusahaan BUMN yaitu PT PP (Persero).

Engineering, Procurement, and Construction atau disingkat EPC merupakan bidang bisnis yang berfungsi dalam mengembangkan suatu industri kimia seperti industri pupuk, kilang minyak, dan lainnya.

EPC membutuhkan lulusan teknik kimia, apalagi dari Institut Teknologi Bandung, dalam perencanaan pembangunan secara rinci di tingkat engineering dan dilanjutkan pada peralatan hingga tahap konstruksi.

Baca juga: Tips Jitu Mengerjakan Soal Penalaran Matematika SNBT 2023, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Untuk memperluas pengalaman dan pengetahuan mahasiswa tingkat akhir terkait dunia kerja, ITB menggelar Seminar Keprofesian Teknik Kimia mengundang pembicara dari PT PP (Persero) Tbk., Eddy Herman Harun sebagai Direktur Operasi Bidang EPC.

Dikutip dari laman ITB, Selasa (7/2/2023), materi yang dipaparkan berkenaan dengan industri EPC yang menjadi salah satu jenjang karier bagi lulusan Teknik kimia.

PT PP (Persero) merupakan perusahaan EPC pertama yang bersifat BUMN. Eddy menegaskan bahwa EPC merupakan industri multidisiplin yang membutuhkan kolaborasi dari berbagai jurusan teknik seperti Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Fisika, dan Teknik Elektro.

Baca juga: 5 Pekerjaan Ini Cocok untuk Penderita Epilepsi, Nomor 1 dan 3 Paling Direkomendasikan

Dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai seorang engineering di perusahaan EPC, manajemen risiko merupakan sebuah keharusan. Hal tersebut disebabkan proyek yang dilaksanakan merupakan suatu proses yang kompleks dan berlangsung lama sehingga ketelitian diperlukan untuk menghindari kerugian yang besar.

Kompleksitas dari setiap proyek EPC menjadi tantangan bagi para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman pekerjaan. Namun Eddy menegaskan bahwa jika memiliki keinginan untuk belajar yang kuat maka bekerja di EPC dapat memberikan pengalaman serta ilmu yang sangat berguna dikarenakan menghadapi kasus yang berbeda dan menarik setiap proyeknya.

Oleh karena itu, dalam hal ini jurusan Teknik Kimia ITB didorong untuk bergabung dan memberikan kontribusi dalam industri EPC di Indonesia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)