Serba-serbi Jurusan Studi Kejepangan Unair, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Selasa, 07 Februari 2023 - 14:36 WIB
loading...
Serba-serbi Jurusan Studi Kejepangan Unair, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia
Unair memiliki jurusan langka dan satu-satunya di Indonesia yaitu program studi Studi Kejepangan. Foto/Dok/Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga ( Unair ) memiliki jurusan langka dan satu-satunya di Indonesia yaitu Studi Kejepangan (Stujep). Kenali jurusan ini lebih mendalam bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk Unair.

Program Studi (Prodi) Studi Kejepangan (Stujep) Unair menawarkan kesempatan prestisius dalam mendapat pengetahuan kejepangan yang berkualitas. Prodi sarjana yang telah terakreditasi A dan akreditasi internasional FIBAA itu merupakan pelopor dan satu-satunya prodi Sastra Jepang yang bermetamorfosis menjadi prodi Studi Kejepangan di Indonesia.

Stujep Unair tidak hanya mempelajari tentang kebahasaan atau sastra, namun juga aspek kajian yang lain seperti filsafat, politik, sosiologi, sejarah, dan kebudayaan yang dimiliki oleh Jepang. Dengan dosen-dosen yang merupakan doktor lulusan universitas ternama di Jepang, prodi ini dapat dikatakan sebagai prodi Studi Kejepangan dengan cakupan keilmuan yang paling lengkap di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Kimia, Dibutuhkan Perusahaan BUMN PT PP

Mempelajari berbagai kajian kejepangan, tak heran lulusan prodi ini memiliki ragam prospek kerja yang menjanjikan. Fakta bahwa negara Jepang memiliki kekuatan ekonomi terbesar ketiga di dunia, serta perjanjian dagang dengan Indonesia hingga kini juga makin menguatkan ragam prospek yang bakal didapat saat lulus.

“Lulusan Studi Kejepangan Unair ada yang menjadi jurnalis, editor, arsiparis, aktivis, peneliti, pegawai bank, pegawai perusahaan multinasional dan profesional di bidang pendidikan sebagai guru, tutor, dosen, dan profesi lainnya. Selain bekerja di dalam instansi, ada juga lulusan yang berprofesi entrepreneur dan sastrawan,” sebut Ketua Departemen Studi Kejepangan Unair Nunuk Endah Sri Mulyani, dikutip dari laman Unair, Selasa (7/2/2023).

Baca juga: 5 Pekerjaan Ini Cocok untuk Penderita Epilepsi, Nomor 1 dan 3 Paling Direkomendasikan

Di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair, prodi yang terkenal akan festival jejepangan terbesar di Surabaya itu telah memiliki jaringan mitra di luar maupun dalam negeri.

Hal itu memudahkan para mahasiswa untuk mengikuti program credit transfer / student exchange di berbagai universitas, sebut saja Shizuoka University of Art and Culture, Kumamoto University, Osaka University, Iwate University, Nagasaki University, Chuo University, Chiba University, Miyazaki University, serta Nara Woman’s University.

“Tidak hanya pertukaran pelajar ke luar negeri, sejak 2015 kami juga menyelenggarakan internship internasional dengan bekerja sama dengan lembaga swasta dan mulai 2022 mahasiswa prodi ini telah mengikuti program internship ke Jepang di bawah Ministry of Education and Trading (METI) Jepang,” sebut Nunuk.
Mahasiswa bisa mengakses berbagai kemudahan beasiswa, baik dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), Sahabat Pertamina, Brilliant, Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI), East Java Japan Club, Jasso , MEXT (G to G dan U to U), JASSO serta beasiswa lain.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2127 seconds (10.177#12.26)