5 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja sebagai Data Scientist

Selasa, 07 Februari 2023 - 17:02 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja sebagai Data Scientist
Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja sebagai Data Scientist. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja sebagai Data Scientist . Profesi Data Scientist bertugas untuk melakukan analisis terhadap data.

Bagi Anda yang berminat untuk menekuni pekerjaan ini, setidaknya ada sejumlah disiplin ilmu relevan yang perlu dikuasai sebagai bekalnya.

Seorang data science juga cukup lekat kaitannya dengan ilmu statistika, pemrograman, dan bidang lain yang berhubungan. Seiring perkembangannya teknologi dan industri modern di dunia, kebutuhan terhadap tenaga kerja ini juga mengalami peningkatan.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal

Berikut lima jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja sebagai data scientist.

1. Statistika

Statistika kerap dianggap sebagai jurusan yang sulit dan menakutkan. Padahal, melihat prospek kerja yang dimilikinya, lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai sektor, baik perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.

Pada pembelajaran yang didapat, mahasiswa Statistika akan belajar tentang mengolah dan menganalisis angka menjadi sebuah data. Dari sekian banyak peluang kerjanya, salah satu yang cukup diminati adalah Data Scientist.

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Statistika di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), dan lain sebagainya.

2. Sistem Informasi

Berikutnya ada jurusan Sistem Informasi. Pada perkembangan teknologi yang semakin canggih, jurusan ini banyak diminati para pendaftar di perguruan tinggi tanah air.

Masih berhubungan dengan data, nantinya para mahasiswa dari jurusan Sistem Informasi akan belajar tentang mengumpulkan, mengolah, serta mendistribusikannya.

Sejumlah prospek kerja juga sangat terbuka bagi lulusan jurusan kuliah ini. Salah satunya adalah sebagai Data Scientist yang juga memiliki bidang kerja pada aspek terkait data-data.

Perguruan Tinggi yang membuka jurusan Sistem Informasi di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan lain sebagainya.

Baca juga : Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan

3. Matematika

Sama halnya seperti Statistika, Matematika juga banyak dianggap sebagai jurusan yang sulit karena berhubungan dengan angka-angka. Akan tetapi, hal tersebut setidaknya sepadan dengan prospek kerja yang terbuka bagi para lulusannya.

Bagi Anda yang ingin terjun dalam bidang Data Scientist, penguasaan matematika juga cukup berpengaruh karena memang ilmu dibutuhkan. Maka dari itu, pekerjaan seperti data scientist ini akan cukup terbuka untuk lulusan matematika.

Sejumlah perguruan tinggi yang membuka jurusan ini di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan masih banyak lainnya.

4. Ilmu Komputer

Lulusan Ilmu Komputer telah sudah tak asing dengan data dan memiliki kemampuan problem solving yang mumpuni. Sebagai tambahan, mungkin bisa mengikuti kursus seputar matematika agar nantinya bisa siap untuk menjadi seorang Data Scientist.

Jurusan ini bisa ditemui pada perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Telkom University, dan lain sebagainya.

5. Data Science

Jurusan kuliah Data Science tentunya akan sangat relevan pada profesi Data Scientist. Pada prospeknya, lulusan dari jurusan ini juga semakin banyak dibutuhkan di era perkembangan teknologi yang semakin maju.

Pada pembelajaran yang didapatkan, mahasiswa di jurusan Data Science akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan data, termasuk numerik yang terstruktur maupun tidak terstruktur.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)