Profil Universitas Pertahanan, Kampus yang Lulusannya Otomatis Jadi Perwira TNI

Kamis, 09 Februari 2023 - 13:51 WIB
loading...
Profil Universitas Pertahanan, Kampus yang Lulusannya Otomatis Jadi Perwira TNI
Profil Universitas Pertahanan, kampus yang lulusannya otomatis menjadi perwira TNI. Foto/Instagram Unhan.
A A A
JAKARTA - Universitas Pertahanan ( Unhan ) merupakan perguruan tinggi yang dibina langsung Kementerian Pertahanan dan Kemendikbudristek. Kampus yang diresmikan tahun 2009 ini lulusannya bisa menjadi perwira TNI.

Universitas Pertahanan (Unhan) atau Indonesia Defense University (IDU) pada 2009 lalu diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) di Istana Negara.

Keunikan dari Unhan yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini adalah memiliki jurusan pertahanan untuk mahasiswa yang ingin kuliah jenjang Sarjana, Magister, dan juga Doktor.

Baca juga: 3 PTN dengan Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual, Terakreditasi A

Sejarah Unhan

Dikutip dari laman Unhan, awal mula perguruan tinggi yang saat ini dipimpin Rektor Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir Amarulla Octavian ini berdasarkan pada program kursus di Sekolah Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Pada 2006 lalu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) saat itu yakni Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso memberi tugas kepada Komandan Seskoad Mayjen TNI Syarifudin Tippe untuk membuat Kursus Strategi Perang Semesta di Seskoad.

Kursus inilah yang menjadi awal mula lahirnya ide untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang mempelajari studi pertahanan. Gagasan untuk memiliki universitas bidang pertahanan juga dimiliki oleh mantan Presiden SBY ketika dia masih aktif di militer.

Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu I, Profesor Juwono Sudarsono termasuk salah tokoh yang ikut membidani lahirnya kampus yang memiliki visi berstandar kelas dunia dengan berbasis riset pada 2024 ini.

Baca juga: Wisudawan Terbaik Magister Unpad Ini Punya 4 Publikasi Jurnal Scopus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)