5 Pekerjaan Lulusan Sarjana Komputer, Masa Depan Cerah dengan Gaji Puluhan Juta

Kamis, 09 Februari 2023 - 17:26 WIB
loading...
5 Pekerjaan Lulusan Sarjana Komputer, Masa Depan Cerah dengan Gaji Puluhan Juta
Ada 5 pekerjaan untuk lulusan sarjana Komputer yang bisa menjamin masa depan cerah dan bergaji tinggi. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Peluang karier yang menanti lulusan sarjana komputer ada banyak sekali dan luas. Di era digital seperti sekarang ini, lulusan Ilmu Komputer sangat menjanjikan karena seluruh sektor industri banyak membutuhkan lulusan ini, baik di instansi pemerintah, BUMN, maupun swasta.

Jurusan Komputer atau Ilmu Komputer ini merupakan progran studi yang berkaitan erat dengan kemampuan programming. Kemampuan logis dan analisis diperlukan agar lulusannya bisa menjadi SDM unggul yang dibutuhkan banyak perusahaan.

Mahasiswa jurusan ini selain dibekali dengan programming juga keterampilan menyusun algoritma sehingga bisa mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

Lantas, apa saja pekerjaan yang menjanjikan bagi lulusan sarjana Komputer? Berdasarkan penelusuran tim Litbang MPI, berikut ini informasinya.

Baca juga: Pekan Pendidikan Tinggi 2023, Rektor Ungkap Program MNC University Selaras dengan MBKM

1. Data Engineer

Data engineer memiliki tanggung jawab atas merancang dan membangun sistem untuk menguji, mengumpulkan, dan melakukan analisis data dalam skala yang besar. Peran data engineer bagi perusahaan sangatlah penting untuk memastikan data dapat disimpan dan diakses dengan mudah oleh orang lain atau perusahaan.

Skill yang harus dipersiapkan untuk menjadi Data Engineer adalah harus memiliki keahlian di bidang programming, big data, dan matematika. Pekerjaan lulusan sarjana komputer ini sangat menjanjikan karena pada zaman digital sekarang, posisi pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Selain itu, gaji yang didapatkan oleh seorang data engineer pun terbilang tinggi, dapat mencapai belasan juta rupiah. Namun, tergantung pula dengan lama pengalaman yang dimiliki, semakin lama atau banyak pengalaman maka semakin tinggi pula gaji yang didapatkan.

2. Software Engineer
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0732 seconds (0.1#10.140)