36 MAN Unggulan Kekurangan Ratusan Pendidik, Tahun Ini Kemenag Siapkan 49 Ribu Guru PPPK

Minggu, 12 Februari 2023 - 16:43 WIB
loading...
36 MAN Unggulan Kekurangan Ratusan Pendidik, Tahun Ini Kemenag Siapkan 49 Ribu Guru PPPK
Guru Madrasah Aliah Negeri (MAN) mengajar siswa di kelas. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 36 Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) masih kekurangan 120 guru. Kementerian Agama akan memenuhi kebutuhannya, antara lain melalui skema pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Meskipun PPPK ini belum memenuhi kebutuhan substansial pendidik, karena pengangkatan PPPK hanya meningkatkan status kepegawaian seseorang," kata Sekretaris Ditjen Pendis Rohmat Mulyana Sapdi seperti dilansir dari laman Kemenag, Minggu (12/2/2023).



Hal senada disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Zain. "Secara berkala, Kemenag akan tetap berusaha memenuhi masalah pendidik ini. Tahun ini, patut disyukuri bahwa jumlah PPPK untuk madrasah mencapai 49 ribu," jelasnya menegaskan.

M Zain juga memaparkan Grand Desain Pengembangan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah. Menurutnya, dalam dua tahun ke depan, Direktorat GTK fokus pada empat hal, yaitu implementasi kurikulum merdeka, integrasi keilmuan, literasi digital, dan moderasi beragama.

Kepala Sub Direktorat Bina MA/MAK Anis Masykhur melaporkan bahwa Direktorat GTK sedang mempersiapkan pembekalan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi para guru madrasah.



Secara umum, kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang salah satu corak model pembelajarannya memfokuskan pada aktifitas "berpusat pada peserta didik."

Anis melaporkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka tahun anggaran 2023 akan disupport dari program komponen tiga yang terintegrasi pada program Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan yang berasal dari anggaran bantuan World Bank.

Selain itu, tahun ini akan mendapatkan tambahan anggaran yang akan difokuskan pada penyiapan pengawas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5079 seconds (0.1#10.140)