Mau Masuk ITB di SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri? Ini Ketentuannya

Selasa, 14 Februari 2023 - 08:48 WIB
loading...
Mau Masuk ITB di SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri? Ini Ketentuannya
ITB membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur SNBT,SNBP, dan Jalur Seleksi Mandiri. Foto/Dok/Humas ITB.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung ( ITB ) akan kembali menyambut kedatangan mahasiswa baru. Tersedia tiga jalur penerimaan yaitu SNBP, SNBT, dan Seleksi Jalur Mandiri.

Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa Direktorat Pendidikan ITB, Irvan Christiawan menjelaskan terdapat dua jalur besar penerimaan mahasiswa baru di ITB, yaitu program sarjana reguler dan program sarjana internasional.

Penerimaan mahasiswa program reguler ini terpisah melalui tiga jalur, antara lain program Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Setiap jalur seleksi ini memiliki linimasa masing-masing.

Irvan menjelaskan program SNBP sedikit mirip dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dilakukan beberapa tahun silam. Proses seleksi jalur SNBP didasari oleh prestasi akademik dari nilai rapor.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Cocok Bekerja di Ranah Digital Marketing

Selain itu, prestasi nonakademik juga ditinjau sebagai poin plus, terutama prestasi nasional dan internasional. Calon mahasiswa yang berminat mendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) harus menyertakan portofolio seni rupa.

Pada penerimaan jalur SNBP secara prinsipnya seluruh program sekolah baik SMA/SMK/MA/Sederajat diterima, namun perlu menjadi perhatian bahwa kesesuaian kurikulum dengan ITB perlu menjadi bahan pertimbangan, karena mata pelajaran sangat variatif karena akademik menjadi poin utama dalam proses seleksi penerimaan ITB.

Selain itu, Irvan juga menjelaskan mekanisme jalur SNBP Peminatan. “Program peminatan ini bertujuan untuk mendukung perkembangan ilmu tertentu yang strategis dalam pembangunan Indonesia dan memberikan kesempatan bagi yang memiliki keinginan kuat untuk memilih program studi tertentu,” katanya, dikutip dari laman ITB, Selasa (14/2/2023).

Calon mahasiswa baru ITB dapat memilih 19 program studi peminatan dan 1 fakultas yang telah disediakan. Selain mendaftar melalui laman resmi pendaftaran SNBP, pendaftaran juga dilakukan melalui laman pendaftaran dari ITB.

Kemudian, Irvan memaparkan ketentuan dan prosedur penerimaan mahasiswa baru ITB melalui jalur SNBT. Proses seleksi akan dikelola oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Irvan juga mengatakan peserta yang mengikuti SNBT harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)