Apa Perbedaan Politeknik dan Sekolah Tinggi? Calon Mahasiswa Perlu Tahu Ini

Selasa, 14 Februari 2023 - 18:07 WIB
loading...
Apa Perbedaan Politeknik dan Sekolah Tinggi? Calon Mahasiswa Perlu Tahu Ini
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten. Foto/Dok/Poltekpel Banten
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi di Indonesia ditetapkan menjadi beberapa kategori yaitu universitas, institut, akademi, politeknik , dan sekolah tinggi.

Masing-masing perguruan tinggi tersebut memiliki perbedaan, mulai dari jalur masuk, sistem pembelajaran, hingga gelar yang akan didapat oleh peserta didiknya.



Berikut adalah informasi terkait perbedaan antara politeknik dan sekolah tinggi.

1. Politeknik

Politeknik adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Pendidikan berbasis vokasi yang disediakan politeknik setara dengan D1 hingga D4. Pembelajaran di politeknik lebih bertumpu pada ujian praktik sehingga para lulusan dari politeknik nantinya dapat bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya.

Bidang studi dalam satu instansi politeknik pun beragam. Politeknik mungkin cocok dipilih oleh calon mahasiswa lulusan SMK.



Gelar yang didapat jika menempuh pendidikan di politeknik adalah Ahli Madya (A.Md) yang setara dengan D3 atau Sarjana Terapan (S.Tr) yang setara dengan D4.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)