Dies Natalis Ke-73, UI Luncurkan Smart Classroom dan Remote-Virtual Lab

Rabu, 15 Februari 2023 - 19:34 WIB
loading...
Dies Natalis Ke-73, UI Luncurkan Smart Classroom dan Remote-Virtual Lab
UI resmi luncurkan Smart Classroom dan Remote-Virtual Lab UI dalam rangkaian Dies Natalis Ke-73 UI, di Balairung UI Kampus Depok, Rabu (15/2/2023). Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) resmi luncurkan Smart Classroom dan Remote-Virtual Lab UI dalam rangkaian Dies Natalis Ke-73 UI, di Balairung UI Kampus Depok, Rabu (15/2/2023).

Peluncuran yang diresmikan oleh Rektor UI , Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris; Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik, Vita Silvira, S.E., MBA.; Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.; Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D.; jajaran Dekan, Direktur Unit dan Sekolah, serta sivitas akademika.



Prof. Ari menyambut baik inovasi ini karena kedua alat ini dapat menunjang kegiatan akademik dan perkuliahan, baik secara luring, daring, maupun bauran.

“Pada zaman modern ini, semuanya harus smart. Bahkan, kelas dan papan tulis pun harus smart. Namun, sebagai manusia, apalagi di dunia akademis, kita harus lebih smart daripada alat-alat dan instrumen. Itu kuncinya. Inovasi ini membantu kita karena pendidikan di abad modern bukan hanya mentransfer pengetahuan, melainkan juga relevansinya dalam memecahkan masalah," ujar Prof Ari.

"Dengan adanya Smart Classroom ini, kita dapat menggabungkan media-media lain di dunia, bahkan bisa melihat headline dan memasukkannya sebagai bahan kuliah, serta mendapatkan respons cepat dari para peserta kuliah. Ini yang disebut sebagai zaman smart, semuanya harus smart,” tambahnya.



Smart Classroom adalah ruang kelas yang didukung teknologi untuk mendukung pengajaran interaktif dan hybrid. Tahun 2022, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI memberikan bantuan 20 paket peralatan Smart Classroom untuk seluruh Fakultas, Sekolah, Program Pendidikan Vokasi, dan 3 Unit Kerja di UI.

Peralatan ini terdiri atas interactive board 86 inch, smart whiteboard, 4K smart tracking camera, dan audio system. Ruang Smart Clasroom telah mulai digunakan untuk perkuliahan rutin dan kegiatan akademik. Ke depannya, ruangan ini juga akan difungsikan untuk kegiatan seminar, pelatihan, dan kegiatan pendidikan lainnya.

Selain Smart Classroom, pada kesempatan itu juga diluncurkan Remote-Virtual Lab UI. Pada 2022, Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) bersama fakultas melakukan pengembangan inovasi remote lab dan virtual lab untuk uji coba praktikum jarak jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)