Rektor IPB University Beberkan Resep agar Kampus Menjadi World Class University

Kamis, 16 Februari 2023 - 15:18 WIB
loading...
Rektor IPB University Beberkan Resep agar Kampus Menjadi World Class University
Rektor IPB University Prof Arif Satria memberikan resep agar kampus bisa menjadi world class university. Foto/Dok/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Menjadi World Class University ( WCU ) menjadi penanda kualitas sebuah perguruan tinggi. Rektor IPB University Prof Arif Satria pun membagikan pengalamannya membawa kampusnya menjadi universitas berkelas dunia.

Prof Arif menjelaskan, terlebih bagi PTN yang sudah berstatus Badan Hukum (PTN BH) WCU atau universitas berkelas dunia sudah menjadi sebuah keharusan guna memiliki reputasi internasional sekaligus harga diri bangsa di mata dunia.

"Saat ini, hampir seluruh negara memberikan kontribusi untuk dunia, baik melalui kontribusi sumber daya manusia global. Perguruan tinggi di Indonesia sudah saatnya harus berkomitmen untuk membantu memberikan kontribusi untuk dunia, lewat inovasi, pengembangan SDM, joint-research, dan lain-lain," ujarnya, Kamis (16/2/2023).

"Begitu perguruan tinggi hadir di dunia, itu mengangkat harkat dan martabat negara kita di mata negara lain. Itulah filosofi World Class University menjadi sangat penting," lanjutnya.

Baca juga: Tertarik Kuliah di UK? Berikut 5 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Berangkat

Melalui sesi berbagi pengalaman dalam acara Top Executive University Gathering Kemendikbudristek, dia memaparkan strategi IPB Universtity di berbagai bidang, mulai dari peningkatan konsrsium riset, hingga beragam program, dan kerja sama yang berlaku internasional.

Menurut dia, langkah ini bisa menjadi cara yang bisa diadopsi oleh PTN BH lainnya dalam mewujudkan status perguruan tinggi berkelas dunia.

Arif juga menyontohkan, IPB University saat ini memiliki program Local Global Interconnetivity, IPB Innovation Valley, dan Science Techno Park (STP).

Khusus IPB Innovation Valley, lanjut Arif, kini sudah menjadi pusat pengembangan inovasi agromaritim modern, dan sebagai tempat belajar para petani-petani dunia.

"Petani dari negara berkembang, mereka bisa belajar ke IPB. Kita punya porgram membangun pusat pembelajaran, pusat inovasi agromaritim modern yang berkelas dunia," tutur Arif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)