Mengenal Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA, Ada 3 Prodi Baru

Jum'at, 17 Februari 2023 - 07:30 WIB
loading...
Mengenal Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA, Ada 3 Prodi Baru
Institut Teknologi Sumatera (ITERA) membuka jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri untuk mahasiswa baru di 2023. Foto/Dok/ITERA.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) membuka penerimaan mahasiswa baru di dua jalur nasional dan satu jalur mandiri yang terbagi atas beberapa kategori. Selain itu ada 3 program studi baru yang ditawarkan untuk mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITERA Prof. Dr. Eng. Khairurrijal pada kegiatan Open House ITERA 2023 menuturkan, ITERA memiliki 40 program studi sarjana (S1) dan satu program magister yang bernaung pada tiga jurusan yaitu Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Sains, dan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan.

“Harapannya dalam waktu dekat, 3 jurusan tersebut segera bertransformasi menjadi fakultas,” katanya, dikutip dari laman ITERA, Jumat (17/2/2023).

Baca juga: UGM Buka 91 Prodi untuk Mahasiswa Baru, Persaingan Masuk Ketat

Dia melanjutkan, ITERA sebagai kampus yang memasuki usia ke-9 tahun telah menambah empat program studi baru. Keempatnya adalah Prodi Pariwisata, Rekayasa Minyak dan Gas, dan Program Studi Rekayasa Instrumentasi dan Automasi.

Program studi yang didirikan di PTN yang berlokasi di Lampung ini adalah salah satu upaya ITERA menjawab permasalahan yang ada di Sumatra dan untuk menghasilkan generasi emas Indonesia.

Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA 2023, Dr. Abdul Rajak menyampaikan, ITERA Open House tahun ini lebih meriah, karena diselenggarakan secara langsung di kampus. Sebelumnya, pada masa Pandemi Covid-19 kegiatan diadakan dalam jaringan.

“Lebih dari 500 peserta dari berbagai sekolah di Lampung dan luar Lampung mendaftar dan tertarik mengenal lebih jauh tentang ITERA lewat ITERA Open House,” ujar Dr. Abdul Rajak.

Baca juga: 3 Mahasiswa UGM Wakili Indonesia dalam Young ASEAN Leaders Policy Initiative di Bangkok

Dia juga menjelaskan terkait jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru ITERA yang terdiri dari tiga jalur, yakni jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

ITERA juga membuka penerimaan mahasiswa jalur Mandiri, yang terbagi dalam beberapa jalur ujian seperti SMMPTN Barat, Ujian Seleksi Masuk Prestasi Program Studi Baru (USM PB), dan Ujian Seleksi Masuk Prestasi Khusus (USM PK). Jadwal USM PK dan USM PB akan dibuka pada bulan Juli.

“Tahun ini ITERA menyiapkan kuota calon mahasiswa baru dengan kuota masing- masing 40% untuk jalur SNBP dan SNBT dan 20 % untuk jalur mandiri,” ungkapnya.

Secara angka, kuota penerimaan mahasiwa baru ITERA pada 2023, yaitu sebanyak 5.388 orang. Untuk itu, calon mahasiswa diharapkan senantiasa mempersiapkan diri untuk melewati proses pendaftaran tersebut.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)