Apakah Universitas Pertahanan Menerima Lulusan SMK? Temukan Jawabannya di Sini

Jum'at, 17 Februari 2023 - 17:23 WIB
loading...
Apakah Universitas Pertahanan Menerima Lulusan SMK? Temukan Jawabannya di Sini
Universitas Pertahanan (Unhan) menerima lulusan SMK untuk kuliah dan memperdalam Ilmu Pertahanan. Foto/Unhan.
A A A
JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) merupakan perguruan tinggi milik pemerintah yang lulusannya bisa menjadi perwira TNI. Namun apakah Unhan menerima siswa lulusan SMK ?

Unhan yang diresmikan pada 11 Maret 2009 ini memiliki posisi strategis sebagai pencetak kader intelektual bela negara. Hal ini yang menjadi ciri khas Unhan dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

Unhan yang saat ini dipimpin Rektor Universitas Pertahanan RI Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian membuka program kuliah jenjang S1, S2, dan S3 bagi perwira TNI dan juga masyarakat umum.

Namun apakah Unhan menerima lulusan dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)? Dikutip dari laman resminya, Unhan ternyata tidak hanya menerima lulusan SMA namun juga SMK untuk memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Baca juga: Sama-sama Jadi TNI, Ini Bedanya Lulusan Universitas Pertahanan dan Akademi Militer

Diterima lulusan SMK untuk kuliah di Unhan dapat dilihat pada penerimaan mahasiswa baru S1 Unhan 2023 untuk jalur beasiswa. Siswa SMK bisa memilih untuk kuliah di beberapa jurusan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan serta Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan.

Pada jalur beasiswa S1 Unhan untuk mahasiswa baru 2023 ini, Unhan menerima pendaftaran bagi lulusan SMK lulusan tahun 2022 atau 2023. Calon pendaftar harus WNI, tidak buta warna, dan juga tidak pernah tinggal kelas selama sekolah.

Persyaratan lainnya yaitu nilai rapor SMK semester stau hingga lima rata-rata adalah 80. Prioritas akan diberikan kepada siswa yang masuk 10 besar terbaik yang bersangkutan pada semester V.

Pendaftar juga harus berusia 20 tahun saat masuk pendidikan. Kemudian bagi pendaftar laki-laki tinggi badan minimalnya adalah 160 cm dan perempuan 155 cm dengan berat badan proporsional.

Program keahlian SMK yang diizinkan mengikuti program S1 ini yaitu untuk program keahlian Teknologi Konstruksi Dan Properti, Teknik Geomatika Dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, dan Teknologi Pesawat Udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4753 seconds (0.1#10.140)