3 Jurusan Sepi Peminat di Fakultas Kedokteran UGM, Peluang Masuknya Cukup Tinggi

Minggu, 19 Februari 2023 - 13:35 WIB
loading...
3 Jurusan Sepi Peminat di Fakultas Kedokteran UGM, Peluang Masuknya Cukup Tinggi
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ( UGM ) memulai peran pada saat perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada tahun 1982 didirikan gedung Fakultas Kedokteran UGM untuk mendukung pendidikan kedokteran. Tercatat pada sejarah RI bahwa Fakultas Kedokteran UGM adalah embrio dari UGM itu sendiri.



Fakultas Kedokteran UGM juga merupakan fakultas dengan disiplin ilmu paling lengkap dan tertua di Indonesia.

Saat ini, fakultas yang memiliki prodi kedokteran di UGM ada tiga. Selain Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, ada pula Fakultas Kedokteran Hewan, serta Fakultas Kedokteran Gigi.

Masing-masing dari fakultas ini memiliki peminatnya tersendiri. Berikut informasinya.

1. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) mengedepankan karakter organisasi pembelajaran agar bisa beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis, sehingga dapat tetap relevan, resilien, dan terdepan.

Fakultas ini terdiri dari 3 program studi untuk jenjang S1, yaitu Gizi dan Kesehatan, Kedokteran, serta Keperawatan. Dilansir dari laman ltmpt.ac.id, jurusan yang sangat diminati di tahun 2022 pada fakultas ini adalah kedokteran.



Peminat pada jurusan ini sebanyak 3.802 orang, sedangkan daya tampung pada SNBT 2023 hanya 54 orang. Di posisi kedua jurusan yang diminati adalah gizi dan kesehatan. Peminat pada jurusan ini sebanyak 1.209 orang di tahun 2022, sedangkan daya tampung pada SNBT 2023 hanya sebanyak 30 orang.

Dari tiga jurusan di fakultas ini, dapat dikatakan bahwa jurusan keperawatan paling sepi peminat. Peminat pada jurusan ini di tahun 2022 sebanyak 1.137 orang, sedangkan daya tampungnya pada 2023 sebanyak 36 orang.

2. Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM memiliki dua program studi untuk jenjang sarjana, yaitu higiene gigi dan kedokteran gigi.

Bila dibandingkan jurusan lain, jurusan higiene gigi memiliki peminat yang sangat sedikit, bukan hanya di FKG, melainkan di fakultas kedokteran lain yang ada di UGM.

Peminat jurusan higiene gigi di tahun 2022 hanya 194 orang, sementara daya tampung di 2023 melalui SNBT hanya 15 orang.

Jurusan lain di fakultas ini, yaitu kedokteran gigi, memiliki peminat yang cukup banyak di tahun 2022 yaitu 1.164 orang. Untuk SNBT 2023, daya tampung jurusan ini tersedia 45 orang.

3. Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas Kedokteran Hewan UGM hanya memiliki satu jurusan atau prodi yaitu kedokteran hewan.

Keunggulan yang dimiliki jurusan ini adalah lulusan diharuskan dapat melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium pada hewan, penanganan untuk penyakit hewan yang menular kepada manusia atau sebaliknya, dan dapat menjamin keamanan produk untuk hewan baik pangan ataupun nonpangan.

Jumlah peminat jurusan ini pada tahun 2022 adalah 998 orang. Pada SNBT 2023 ini, daya tampung jurusan kedokteran hewan di FKH UGM sebanyak 60 orang.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)