Ribuan Sekolah Belum Finalisasi PDSS, Siswa Gagal Mendaftar SNBP 2023?

Senin, 20 Februari 2023 - 15:42 WIB
loading...
Ribuan Sekolah Belum Finalisasi PDSS, Siswa Gagal Mendaftar SNBP 2023?
Tim SNPMB menyatakan ada sebanyak 1.387 sekolah belum menyelesaikan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Proses Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) mensyaratkan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa ( PDSS ). Namun nyatanya, ada ribuan sekolah yang belum melakukan finalisasi sehingga siswa tidak bisa mendaftar jalur prestasi itu.

Wakil Ketua II Tim SNPMB Edward Wolloch mengatakan, sebanyak 1.387 sekolah belum menyelesaikan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Hal tersebut, kata Edward, akan mempengaruhi proses pendaftaran SNBP atau jalur prestasi akademik masuk PTN bagi siswa dan siswi di sekolah tersebut.

"Sekolah yang tidak melakukan penyelesaian PDSS siswa tidak bisa daftar SNBP. Karena sekolah tidak daftar, yang korban kan siswanya, karena sekolah tak selesai melakukan proses pendaftaran," katanya dalam konferensi pers di kantor Kemendikbudristek, Senin, (20/2/2023).

Baca juga: Pengisian PDSS 2023 Diperpanjang, Segera Lakukan Finalisasi

"(Kalau) jumlah siswa berapa, itu baru terlihat jika sudah diupload, secara matematik berarti ada angka (sekitar) 80.000 ribu siswa (yang tak bisa daftar SNBP)," sambungnya.

Edward pun menyayangkan hal tersebut. Padahal, ujarnya, sekolah telah diberikan waktu registrasi akun SNPMB dan pengisian PDSS sejak 9 Januari hingga 15 Februari 2023 kemarin.

"Tapi masih ada sekolah yang belum selesai pada tahap ini, reminder juga terus disampaikan hari ke hari sejak H-14," ungkapnya.

Edward pun menyampaikan, pengumuman hasil SNBP akan dilakukan pada 28 Maret 2023 mendatang. Jadwal pengumuman itu pun tidak bisa digeser tanggalnya karena berkaitan dengan jadwal pendaftaran SNBT, dan jalur mandiri.

Baca juga: Deretan Jurusan Kuliah Fisip UI, dari Minim sampai dibanjiri Peminat 2022 Beserta Daya Tampung SNBP 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)