Kabar Baik, Unesa Tambah Daya Tampung untuk Mahasiswa Baru 2023

Selasa, 21 Februari 2023 - 16:24 WIB
loading...
Kabar Baik, Unesa Tambah Daya Tampung untuk Mahasiswa Baru 2023
Unesa menambah daya tampung secara signifikan pada penerimaan mahasiswa baru 2023 ini. Foto/Unesa.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) menambah daya tampung mahasiswa baru untuk jalur SNBP , SNBT, dan jalur mandiri. Daya tampung Unesa tahun ini mencapai 22.915 mahasiswa.

Jumlah daya tampung Unesa ini mengalami kenaikan signifikan dari tahun lalu. Pada 2022, Unesa hanya menyediakan kuota 11.000 mahasiswa baru.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Alumni Unesa Prof. Dr. Madlazim menjelaskan bahwa daya tampung Unesa tahun ini untuk semua jalur penerimaan mencapai 22.915 mahasiswa.

Detail daya tampungnya terbagi atas yaitu 4.761 atau 21% untuk jalur SNBP, kemudian 8.088 orang atau 35% untuk jalur SNBT, dan jalur mandiri tersedia untuk 10.066 orang atau 44%.

Baca juga: Pendaftaran Paskibraka 2023 Dibuka, Baca Syarat dan Ketentuannya

Ketentuan daya tampung ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor Unesa, Nomor 455/UN38/HK/KM/2023 yang ditandatangani Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan pada 3 Februari 2023.

Guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu menambahkan, kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini naik signifikan dibanding tahun lalu.

"Kalau tahun kemarin, total penerimaan mahasiswa baru Unesa mencapai 11 ribu mahasiswa," ucapnya, dikutip dari laman Unesa, Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Ikut IISMA di Michigan State University, Mahasiswa UB Raih IP 4

Dengan adanya kenaikan kuota tersebut tentu memberikan peluang bagi putra-putri terbaik daerah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Kepala Sub-Direktorat Penerimaan dan Kelulusan, Direktorat Akademik Unesa Dr. Sukarmin menegaskan, kendati daya tampung Unesa naik signifikan. Namun, kata dosen FMIPA itu, masuk Unesa tetap bersaing.

Terlebih, jika mengacu pada pendaftaran di tahun-tahun sebelumnya, jumlah pendaftar di Unesa termasuk salah satu yang tertinggi secara nasional. Dengan demikian, pendaftar harus mempersiapkan diri dengan baik dan strategi yang tepat.

“Persiapkan nilai mata pelajaran dan sertifikat terbaik untuk mendaftar di jalur SNBP. Kalau misalnya bisa masuk, bisa mencoba lagi di jalur-jalur berkutnya, SNBT maupun mandiri. Kuotanya naik di semua jalur. Ini peluang putra-putri terbaik daerah untuk kuliah di Unesa,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)