Perjuangan Dosen Muda UIN Jakarta Lolos Beasiswa Indonesia Bangkit S3 Luar Negeri

Selasa, 21 Februari 2023 - 22:29 WIB
loading...
Perjuangan Dosen Muda UIN Jakarta Lolos Beasiswa Indonesia Bangkit S3 Luar Negeri
Dosen FU UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Basyir Arif M.A., lolos Program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) S3 Luar Negeri. Foto/Dok/Humas UIN Jakarta
A A A
JAKARTA - Dosen Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri ( UIN ) Syarif Hidayatullah Jakarta, Basyir Arif M.A., lolos Program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) S3 Luar Negeri.

Beasiswa Indonesia Bangkit merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dinaungi Kementerian Keuangan (Kemenkeu).



Setelah dinyatakan lolos seleksi, Basyir diberikan waktu selama 18 bulan untuk proses mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari kampus tujuan. Termasuk di dalamnya ada program Language Academic Preparation Program (LAPP).

Tentu saja ini sangat membanggakan. Pasalnya, sebelum dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa, Basyir harus melewati serangkaian tes di antaranya Seleksi Administrasi pada 18 Oktober 2022, Seleksi Bakat Skolastik pada 31 Oktober 2022, Seleksi Wawancara pada 16 November 2022, dan Pengumuman pada 14 Februari 2023.

Basyir menyampaikan, motivasinya tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa, perlu dipupuk semangat usaha dan doanya.



“Sejak 2019 sudah mendapatkan supervisor dari Universitas Mohamed V Rabat namun belum juga mendapatkan beasiswa, alih-alih menjadi Scholarship Hunter, pada 2020 takdir membawa saya menjadi dosen UIN Jakarta,” katanya seperti dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Masih kata Basyir, selama menempuh Pendidikan Tinggi, ia selalu mendapatkan beasiswa, baik jenjang S-1 maupun S-2. “Alhamdulillah sejak menjadi mahasiswa saya selalu meraih beasiswa, dari beasiswa S1 BLU UIN Jakarta di Fakultas Dirasat Islamiyah, beasiswa S2 Kerajaan Maroko melalui Agence Marocaine de Coopération Internationale (AMCI) di Univertas Hassan II Casablanca,” jelasnya.

Harapannya, ke depannya beasiswa ini bisa menambah semangat belajar, pengalaman dan jaringan. “Dengan penuh harapan bisa merealisasikan pemberangkatan sampai menyelesaikan studi dengan sangat baik dan kembali ke kampus tercinta dengan banyak kebermanfaatan,” harapnya.

“Saya berterima kasih atas Rekomendasi Pimpinan Pak Dekan Dr. Yusuf Rahman, M.A., Rekomendasi Akademisi Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, M.A., Prof. Dr. Zainun Kamaluddin Fakih, M.A., dan Rekomendasi Instansi Ibu Rektor Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A.

Kemarin itu proses pendaftarannya yang begitu singkat hanya 5 hari, tapi alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” ujar dia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)