10 Jurusan Saintek dan Soshum Terketat di UNS, Panduan SNBP 2023

Rabu, 22 Februari 2023 - 09:11 WIB
loading...
10 Jurusan Saintek dan Soshum Terketat di UNS, Panduan SNBP 2023
10 jurusan saintek dan soshum terketat di UNS sebagai panduan mendaftar SNBP 2023. Foto/Laman UNS.
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Jawa Tengah bisa memilih Universitas Sebelas Maret ( UNS ) sebagai tujuannya. 10 jurusan terketat di UNS ini bisa menjadi panduan untuk memilih program studi jalur SNBP 2023.

Cikal bakal UNS dapat dirunut jejaknya sejak 1950-an. Ketika Solo tidak ingin ketinggalan dari daerah lain yang telah memiliki universitas negeri sendiri.

Pada 1953, Walikota Solo saat itu Muhammad Saleh membentuk panitia pendirian universitas. Namun sayang karena beberapa alasan yang salah satunya adalah kurangnya anggaran, keinginan Solo mempunyai PTN kandas.

Namun ide pendirian ini kembali muncul 10 tahun kemudian. Walikota R Kusnandar menginisiasi panitia pendiri. Namun nasibnya sama seperti sebelumnya, kandas karena tidak ada dana bantuan dari pemerintah pusat dan minimnya perekonomian daerah kala itu.

Baca juga: Unpar Buka Jalur USM 2 bagi Calon Mahasiswa Baru 2023

Lalu pada 1966, Universitas Nasional Saraswati mengajukan menjadi universitas negeri yang mendapat restu dari pemerintah Pusat.

Pada 1 Juni 1975, Universitas Nasional Saraswati bersama dengan delapan universitas lain yang tergabung dalam Universitas Gabungan Surakarta (UGS) diresmikan.

Kemudian UGS bersama dengan lima perguruan tinggi negeri dan kampus swasta lain digabung untuk dilebur menjadi universitas negeri di Solo. Hingga akhirnya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret(UNS Sebelas Maret) resmi berdiri pada 11 Maret 1976.

Pada 1982, nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret (UNS). Berubahnya nama dan singkatan ini diresmikan dengan Keppres No 55 Tahun 1982.

Itulah sepenggal sejarah UNS yang saat ini dipimpin Rektor Prof Jamal Wiwoho. Menarik bukan? Nah bagi kalian yang ingin merasakan langsung berkuliah di UNS, UNS menerima mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Baca juga: Unpad Gelar Pembelajaran Tatap Muka di Semester Genap

Berikut ini jurusan terketat di UNS bidang saintek dan soshum pada SNMPTN 2022 yang bisa kalian jadikan panduan mendaftar SNBP 2023 yang dikutip dari Instagram SPMB UNS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)