5 Kegiatan yang Bisa Dilampirkan Fresh Graduate di CV Jika Belum Punya Pengalaman Kerja

Kamis, 23 Februari 2023 - 17:11 WIB
loading...
5 Kegiatan yang Bisa Dilampirkan Fresh Graduate di CV Jika Belum Punya Pengalaman Kerja
Terdapat sejumlah kegiatan yang bisa dilampirkan fresh graduate di CV jika belum memiliki pengalaman kerja. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kegiatan yang bisa dilampirkan fresh graduate di CV jika belum memiliki pengalaman kerja. CV menjadi salah satu aspek terpenting yang perlu diperhatikan lulusan baru alias fresh graduate.

Bagi yang belum memiliki pengalaman kerja, tak perlu khawatir berlebihan. Dalam hal ini, Anda bisa memasukan jenis kegiatan lain yang nantinya dapat dilampirkan di CV.

Baca juga : Fresh Graduate, Ini Tips Sukses Taklukkan Wawancara Kerja

Berikut lima alternatif kegiatan yang bisa dilampirkan fresh graduate di CV jika belum punya pengalaman kerja.

1. Pengalaman Organisasi

Pengalaman organisasi selama kuliah bisa menjadi pilihan tepat untuk dicantumkan dalam CV. Meski belum memiliki pengalaman kerja, kegiatan tersebut setidaknya bisa menunjukan kepada recruiter bahwa Anda memiliki kemampuan lain di luar ilmu selama perkuliahan.

Sebagai contoh, Anda pernah menjadi Ketua BEM atau Himpunan Mahasiswa. Tuliskan saja riwayat organisasi terkait, sekaligus lampirkan juga pencapaian-pencapaian yang pernah dilakukan (jika ada) selama aktif menjabat.

2. Seminar atau Pelatihan yang Relevan

Berikutnya, fresh graduate juga bisa mencantumkan sertifikat dari sebuah seminar atau pelatihan relevan dari posisi yang akan dilamar. Sebagai contoh, Anda ingin melamar untuk pekerjaan SEO Writer.

Dalam hal ini, bisa dicantumkan sertifikat dari berbagai pelatihan SEO atau seminar yang pernah Anda ikuti. Setidaknya, meski belum pernah secara resmi bekerja, hal tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)