Profesor Asep Saepudin Jahar Dilantik Jadi Rektor UIN Jakarta Gantikan Prof Amany Lubis

Rabu, 01 Maret 2023 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Selain menduduki sejumlah jabatan struktural di universitas, Profesor Asep merupakan Guru Besar bidang Sosiologi Hukum Islam. Ia mengampu sejumlah mata kuliah seperti Introduction to Islamic Law, Islamic Personal and Public Law, Theories and Methods of Islam Law, Comparative Islamic Family Law, dan Contemporary Fatwas in the Muslim World.

Sejumlah artikel dan buku-buku akademik ditulisnya. Karya berupa buku di antaranya Hukum Keluarga, Pidana & Bisnis (2013) dan Dualisme Hukum Perkawinan Islam di Indonesia Fiqh dan KHI (2021). Sejumlah artikel juga terpublikasi di berbagai jurnal seperti Dinamika Sosial Politik Pembentukan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (2017), Governing Religion In Indonesia and France: Scope and Limits (2018), dan Social and Religious Dimensions of Children’s Inheritance in Turkey, Saudi Arabia, and Indonesia (2022); dan lainnya.

Asep menempuh pendidikan S1 di IAIN Jakarta pada Jurusan Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah (1995). Kemudian gelar magister (S2) diperoleh dari McGill University, Montreal, Kanada, bidang Islamic Studies-Hukum Islam (1999) dan gelar doktor (S3) dari Leipzig University, Jerman, bidang Bahasa Arab dan Filologi (2005).

Sebelum kuliah di IAIN, Asep adalah lulusan Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Sedang pendidikan dasarnya ditempuh di kota kelahirannya, Menes, yaitu SDN 1 Menes dan SMPN 1 Menes Pandeglang, Banten.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3553 seconds (0.1#10.140)