5 Perguruan Tinggi Negeri Terkemuka di Banten, Bisa Jadi Referensi Bagi Calon Mahasiswa

Rabu, 01 Maret 2023 - 18:28 WIB
loading...
5 Perguruan Tinggi Negeri Terkemuka di Banten, Bisa Jadi Referensi Bagi Calon Mahasiswa
Terdapat sedikitnya lima perguruan tinggi negeri terkemuka di provinsi Banten. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima perguruan tinggi negeri terkemuka di Provinsi Banten . Perguruan tinggi tersebut bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa.

Pada perkembangannya, jumlah perguruan tinggi di tanah air terus bertambah seiring waktu, baik negeri maupun swasta. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya berlokasi di Banten.

Adapun masing-masing instansi pendidikan ini memiliki berbagai fakultas dan jurusan yang berbeda-beda. Lantas, siapa sajakah mereka?

Baca juga : Ini yang Membedakan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Berikut lima perguruan tinggi negeri terkemuka di Banten.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau biasa dikenal dengan UNTIRTA merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di provinsi Banten. Mengutip keterangan dari laman resminya, universitas ini berawal dari Yayasan Pendidikan Tirtayasa yang berdiri 1 Oktober 1980.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan penggabungan dari STIH, STT dan STKIP berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor; 0596/0/1984, tanggal 28 November 1984.

Mereka memiliki sekitar 7 fakultas, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas, Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Kedokteran.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Berikutnya ada UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Mengutip laman resminya, perguruan tinggi yang berkedudukan di Banten ini berdiri pada 7 April 2017, bertepatan dengan 10 Rajab 1438 H.

Sejumlah fakultas yang tersedia di antaranya adalah Fakultas Syari’ah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin dan Adab, Fakultas Dakwah, hingga Fakultas Sains.

Baca juga : Perguruan Tinggi Negeri Perlu Bangun Budaya Keterbukaan Informasi Publik

Poltekkes Kemenkes Banten

Awalnya, institusi pendidikan kesehatan milik Departemen Kesehatan Republik Indonesia di provinsi Banten hanya ada dua, yaitu Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Tangerang, serta Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Rangkasbitung.

Hal tersebut telah berubah seiring waktu, hingga muncul Poltekkes Banten. Mengutip laman resminya, Politeknik Kesehatan ini menjadi Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan RI. Mereka bertugas untuk menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan pada tingkat Diploma III dan IV

Jurusan yang tersedia di Poltekkes Kemenkes Banten di antaranya adalah jurusan Keperawatan, jurusan Kebidanan, dan lainnya.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Berikutnya ada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).
Berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mereka berlokasi di Kota Tangerang Selatan, Banten.

Sekolah kedinasan ini memiliki empat program studi yang bisa dipilih diantaranya, Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi.

Universitas Terbuka

Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 di tanah air yang diresmikan pada 4 September 1984. Ketentuannya didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Dari sekian banyak, salah satu cabangnya berada di provinsi Banten.
Sejumlah fakultas yang tersedia di antaranya adalah Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4389 seconds (0.1#10.140)