QSP Bisa Mudahkan Para Guru Maksimalkan PPJ di Tengah Pandemi

Kamis, 16 Juli 2020 - 17:18 WIB
loading...
QSP Bisa Mudahkan Para Guru Maksimalkan PPJ di Tengah Pandemi
Pada tahun ajaran baru ini Quipper hadir untuk memberikan pendidikan berkualitas ke seluruh penjuru Indonesia dengan meluncurkan Quipper School Premium (QSP). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan mengumumkan tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Sementara pandemi virus Corona (Covid-19) masih belum mereda, memaksa sekolah, pendidik dan peserta didik untuk menunda penerimaan siswa baru di lingkungan sekolah.

Sekolah yang berada di zona hijau saja yang diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran di lingkungan sekolah, sisanya melanjutkan proses Belajar dari rumah (BDR). Saat ini hanya ada sekitar 6% peserta didik yang berada di zona hijau yang terletak di 85 kota/kabupaten dan dapat melakukan proses belajar-mengajar seperti biasa (tatap muka).

(Baca juga: Kemendikbud Diminta Tinjau Ulang Semua Regulasi yang Bisa Hambat PJJ)

Maka kurang lebih akan ada 94% peserta didik yang harus melanjutkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pada tahun ajaran baru ini Quipper hadir untuk memberikan pendidikan berkualitas ke seluruh penjuru Indonesia dengan meluncurkan Quipper School Premium (QSP), menghadirkan LMS (learning management system) yang dipadukan dengan konten berkualitas, disertai dengan pendampingan dan pelatihan guru.

Business Development Manager Quipper Indonesia, Ruth Ayu Hapsari mengatakan, Quipper School Premium, memiliki fitur proses persiapan, implementasi, hingga penilaian dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi fokus utama.

"Dalam hal persiapan KBM, telah disediakan Tes Minat Bakat dan Tes Gaya Belajar yang dapat digunakan untuk memetakan minat siswa dan kesesuaian gaya belajar siswa," kata Ruth Ayu dalam siaran pers, Kamis (16/7/2020).

Berkaitan dengan implementasi KBM kata Ruth, maka guru dan siswa dapat menggunakan 'kelas virtual' sehingga proses belajar dapat dilakukan secara daring. Lalu dalam hal penilaian, guru dapat menyelenggarakan berbagai ujian sebagai bentuk penilaian, baik ulangan harian, ujian semester, ataupun tes-tes lainnya.

"Fitur ini juga dilengkapi dengan fitur durasi pengerjaan ujian sehingga meskipun siswa mengerjakan dari rumah tetap dapat mengikuti alokasi waktu ujian sesuai dengan peraturan sekolah," ucapnya.

"Selain itu Quipper School Premium dilengkapi dengan materi ajar yang siap digunakan oleh para guru sesuai tingkatan kelas (7-12) dan kurikulum yang diinginkan, materi persiapan UTBK SBMPTN, dan juga informasi lengkap mengenai jurusan dan universitas untuk persiapan jenjang berikutnya," sambungnya.

Selain itu Ruth mengungkapkan, para guru juga akan mendapatkan beberapa materi tambahan dalam bentuk video pelatihan guru dengan topik pembuatan soal HOTS, manajemen kelas, dan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

"Sebelum tahun ajaran baru dimulai sudah ada 13.000 guru dari 26 sekolah di 6 provinsi yang sudah bergabung dan menggunakan Quipper School Premium," tuturnya.

Akhmad Basir Kepala Sekolah SMAN 1 Majenang salah satu Kepala Sekolah yang menggunakan layanan QSP, mengungkapkan dari pengalaman guru di sekolahny yang sudah memakai, Quipper sangat membantu pengelolaan KBM termasuk untuk penilaian.

"Selain itu Quipper bisa digunakan sebagai media tambahan oleh siswa untuk belajar dengan waktu yang tidak terbatas, kapan saja mereka bisa mengakses pelajaran," ucap Akhmad Basir.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)