Apa Perbedaan Jurusan Geomatika dan Geofisika? Begini Penjelasannya

Jum'at, 03 Maret 2023 - 08:40 WIB
loading...
Apa Perbedaan Jurusan Geomatika dan Geofisika? Begini Penjelasannya
Perbedaan jurusan Geomatika dan Geofisika yang perlu calon mahasiswa ketahui. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Geomatika dan Geofisika, mungkin banyak calon mahasiswa baru yang belum mengetahui kedua jurusan kuliah tersebut. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), keduanya berada di bawah ranah ilmu kebumian, yaitu Departemen Teknik Geomatika dan Departemen Teknik Geofisika.

Kepala Departemen Teknik Geomatika, Danar Guruh Pratomo menjelaskan, keilmuan Teknik Geomatika bersifat lebih kuantitatif jika dibandingkan dengan Teknik Geofisika yang sifatnya kualitatif. “Jika Teknik Geomatika memperhitungkan sebuah pergerakan lempeng, Teknik Geofisika yang dapat menceritakan bagaimana hal itu dapat terjadi,” jelasnya, dikutip dari laman ITS, Jumat (3/3/2023).

Dia menuturkan, Teknik Geomatika bertugas menyajikan data geospasial seperti dalam bentuk peta. Untuk proses belajarnya, departemen yang mulanya bernama Teknik Geodesi ini menyediakan lima fasilitas laboratorium, yaitu Geoinformatika, Geomarin, Survei dan Kadaster, Geospasial, dan Geodesi dan Geodinamika.

Baca juga: Hari Ini Tanggal Terakhir Registrasi Akun SNPMB Menuju SNBT 2023

Ia menambahkan, lulusan Departemen Teknik Geomatik ITS terbilang cukup cepat dalam mendapatkan kerja. Hal ini disebabkan banyaknya kebutuhan akan peta sebagai data geospasial untuk menunjang berbagai aktivitas.

“Berdasarkan data, banyak lulusan Teknik Geomatika ITS yang mendapatkan pekerjaan kurang dari enam bulan setelah lulus,” tuturnya.

Sementara, Kepala Departemen Teknik Geofisika ITS, Dr Dwa Desa Warnana menjelaskan, Teknik Geofisika mempelajari struktur perlapisan di bawah permukaan bumi. Dari sana, dapat diketahui kemungkinan keberadaan suatu sumber daya meskipun tidak dilakukan pengeboran.

“Kami juga menyediakan laboratorium penunjang, yaitu Eksplorasi Mineral dan Air Tanah serta Geofisika Teknik dan Lingkungan,” ujarnya.

Meskipun baru akan genap satu dekade pada tahun ini, Departemen Teknik Geofisika ITS sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Selain itu, departemen ini juga sudah mendapatkan akreditasi internasional oleh Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Baca juga: Menuju UTBK SNBT 2023, Ini Jadwal, Persyaratan, dan Cara Daftarnya

Di sisi lain, Departemen Teknik Geomatika ITS yang telah lebih dahulu berdiri juga telah mengantongi akreditasi nasional dan internasional. Departemen Teknik Geomatika ITS telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, departemen ini telah terakreditasi oleh Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA).

Terlepas dari perbedaannya, menurut Anang, kedua keilmuan ini saling melengkapi. Misalnya, survei oleh Teknik Geofisika dapat dilakukan dengan bantuan peta topografi hasil dari keilmuan Teknik Geomatika.

“Teknik Geofisika ITS memiliki hubungan baik karena beberapa kali juga melakukan kerja sama dengan Teknik Geomatika ITS,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)