Kisah Perjuangan Mahasiswa Asal Gaza Lulus Kedokteran di Unair

Senin, 06 Maret 2023 - 07:29 WIB
loading...
Kisah Perjuangan Mahasiswa Asal Gaza Lulus Kedokteran di Unair
Mahasiswa Unair asal Gaza Ahmed Eliaan Shaker Abuajwa. Foto/Laman Unair.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Unair asal Gaza membagikan kisah perjuangannya meraih gelar sarjana Kedokteran. Mahasiswa itu bernama Ahmed Eliaan Shaker Abuajwa.

Menjadi seorang dokter merupakan impian Ahmed sejak kecil. Bahkan saat dirinya berusia 10 tahun, ibunya sering memanggil Ahmed sebagai Dokter Ahmed.

Dukungan penuh dari ibundanya menjadi api penyemangat mana kala berbagai rintangan di depan mata harus dihadapi untuk menggapai impiannya tersebut.

"Saya sadar saya harus berjuang dan belajar sebaik-baiknya karena saya tahu masuk ke fakultas Kedokteran di mana saja membutuhkan perjuangan yang luar biasa," katanya, dikutip dari laman Universitas Airlangga (Unair), Senin (6/3/2023).

Baca juga: Dekan FIB UGM Prof Setiadi Dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Antropologi

Ahmed yang hidup di Palestina bercerita, sekolah SMA tempat dia menuntut ilmu pernah mengalami kehancuran sebanyak tiga kali. Namun para siswa di Gaza ini tetap semangat mengikuti pembelajaran.

Selepas lulus SMA, tawaran beasiswa dari sebuah universitas di Sudan datang ke Ahmed. Namun Ahmed sulit mendapatkan akses ke luar dari Palestina sehingga beasiswa itupun ia lepas.

Satu tahun berlalu, hambatan berupa kesulitan akses tersebut berhasil ia lalui. Ahmed selanjutnya dapat merasakan pendidikan singkat selama satu semester di Sudan, sebelum akhirnya tempatnya belajar itu terpaksa ditutup secara permanen.

Meski dia gagal kuliah sampai akhir di Sudan tak menyurutkan langkah Ahmed untuk mewujudkan cita-citanya menjadi dokter. Ia mencoba mencari-cari beasiswa yang memberikan akses untuk mengenyam pendidikan bidang kedokteran.

Baca juga: Sosok Puji Lestari, Profesor Pertama di FISIP UPN Veteran Yogyakarta

Setelah melalui proses pencarian yang cukup panjang, akhirnya ia memutuskan untuk apply di Unair. “Saya mencoba apply di Unair dan Alhamdulillah saya diterima sebagai mahasiswa kedokteran di Unair,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)