10 Jurusan Kuliah Paling Gampang Cari Kerja, Belum Lulus Sudah Diburu Perusahaan Besar

Senin, 06 Maret 2023 - 13:42 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah Paling Gampang Cari Kerja, Belum Lulus Sudah Diburu Perusahaan Besar
Jurusan Sistem Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di masa penerimaaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri maupun swasta, calon mahasiswa rame-rame memburu jurusan kuliah yang paling mudah cari kerja setelah lulus.

Keterampilan dan keahlian di beberapa jurusan kuliah ini sangat dibutuhkan dunia kerja di era teknologi saat ini. Sehingga setelah lulus, fresh graduate bisa segera mendapat pekerjaan yang diinginkan.



Bahkan, jika mahasiswa kuliah di jurusan yang dibutuhkan perusahaan besar, mahasiswa yang belum lulus juga sudah diterima di suatu perusahaan karena keterampilan yang dimilikinya.

Jangan sampai hanya karena mengejar jurusan sepi peminat untuk masuk perguruan tinggi ternama, malah justru sulit mendapatkan pekerjaan. Hal ini akan menjadi penyesalan dikemudian hari.

Jurusan yang banyak dicari perusahaan umumnya memiliki daya saing tinggi dalam sebuah universitas. Apalagi Universitas tersebut negeri dan ternama. Namun, jurusan kuliah yang dipilih juga harus sesuai dengan minat dan bakat, agar tidak merasa kuliah menjadi sebuah beban.



Dari sekian banyaknya jurusan kuliah yang ada, berikut hasil penelusuran tim Sindonews, beberapa jurusan yang lulusannya paling banyak dicari perusahaan nasional dan multinasional:

1. Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan dan paling populer saat ini adalah tekhnik informatika. Mahasiswa teknik informatika akan memperoleh pengetahuan terkait pengolahan data dan proses logika.

Era industri 4.0 memberi lulusan teknik informatika peluang kerja tidak hanya di perusahaan swasta, tetapi juga di instansi pemerintah atau pun BUMN. Tak hanya itu, ada pula peluang mendirikan startup atau menjadi konsultan di bidang teknologi informasi.

2. Sistem Informasi

Sistem informasi tidak hanya mempelajari aspek tekhnis terkait teknologi informasi, tetapi pengetahuan tentang manajemen dan bisnis. Untuk itu, bukan hanya perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan sistem informasi, melainkan lembaga pemerintah pun membutuhkan.

3. Akuntansi dan Keuangan

Salah satu lulusan yang banyak dicari di dunia kerja adalah lulusan jurusan akuntansi dan keuangan. Pasalnya, setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan.

Peluang karier lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

4. Teknik Industri

Jurusan yang banyak dicari perusahaan selanjutnya adalah tekhnik industri. Para lulusan industri punya keahlian dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)