10 Alasan Pendidikan Finlandia Terbaik Dunia, Salah Satunya Siswa Masuk Sekolah Lebih Siang

Senin, 06 Maret 2023 - 09:24 WIB
loading...
10 Alasan Pendidikan Finlandia Terbaik Dunia, Salah Satunya Siswa Masuk Sekolah Lebih Siang
Finlandia masih memuncaki sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Finlandia masih memuncaki sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan Finlandia dirasa cukup efektif karena mereka lebih mengedepankan kualitas dari seorang pengajar sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pendidikan.

Sehingga tak heran jika negara ini selalu mencetak anak-anak yang cerdas dan jenius. Bahkan, anak-anak Finlandia hampir selalu mencatatkan nilai tertinggi dalam tes internasional.



Menurut data The Program for International Student Assessment (PISA), Finlandia unggul dalam tiga aspek penilaian. Hal itu menunjukkan kalau Finlandia adalah negara terbaik dalam sistem pendidikan .

Hasil tes PISA inilah yang membuat Finlandia menjadi rujukan dan kiblat dunia pendidikan seluruh dunia sampai saat ini. Hal ini bisa dijadikan rujukan bagi Indonesia yang masih menghadapi berbagai masalah dalam mewujudkan sistem pendidikan yang baik.

Dilansir dari World Economic Forum, Finlandia unggul di atas Amerika Serikat dan negara-negara di Asia Timur yang dikenal sebagai peringkat nomor satu dalam matematika dan sains.



Lantas, apa alasan anak-anak di Finlandia lebih pintar dan menjadikannya sistem pendidikan terbaik dunia? ini daftarnya.

1.Jam Masuk Sekolah Lebih Siang

Finlandia menjadi negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Negara ini menerapkan jam masuk sekolah lebih siang.

Menurut hasil penelitian yang dirilis di National Library of Medicine, masuk sekolah lebih siang mampu mengurangi tekanan dan bisa membuat siswa lebih siap menerima materi. Selain itu, jam-jam tersebut juga dilaporkan membuat siswa sehat.

Murid di Finlandia biasanya memulai sekolah dari pukul 09.00-09.45 waktu setempat hingga pukul 14.00-14.45 waktu setempat. Mereka memiliki jam belajar di kelas lebih panjang tetapi juga memiliki banyak jam istirahat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2661 seconds (0.1#10.140)