Calon Mahasiswa Baru, Ini Sederet Keunggulan Kuliah di Malaysia

Selasa, 07 Maret 2023 - 14:46 WIB
loading...
Calon Mahasiswa Baru, Ini Sederet Keunggulan Kuliah di Malaysia
Suasana pameran pendidikan Malaysia yang digelar EMGS dan EMI. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Malaysia bisa menjadi destinasi untuk melanjutkan studi. Menjadi salah satu negara tetangga terdekat Indonesia, Malaysia memiliki sejumlah keunggulan jika kalian ingin merantau kuliah di luar negeri .

Board of Director Education Malaysia Global Services (EMGS) Dzariman bin Ibrahim menjelaskan, biaya kuliah yang relatif terjangkau dan biaya hidup yang murah menjadi salah satu keunggulan yang ingin studi lanjut di Malaysia.

"Banyak calon mahasiswa yang ingin belajar ke Inggris, tapi tidak semuanya mampu karena biayanya cukup tinggi. Di Malaysia, dengan biaya yang murah bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Biaya makan dan minum juga lebih murah dari Inggris," kata Dzariman, dalam keterangan resminya, Selasa (7/3/2023).

Baca juga: Profil Jurusan Kuliah Geografi Lingkungan UGM dan Prospek Kerjanya

Dia mengungkapkan, saat ini setidaknya terdapat 131.255 pelajar asing yang sedang belajar di Malaysia. Hal ini menjadi salah satu keunggulan karena calon mahasiswa yang berkuliah di Negeri Jiran ini juga berkesempatan untuk mendapatkan jaringan internasional.

"Kami juga membuka beasiswa yang biasanya disediakan masing-masing perguruan tinggi di website mereka. Ada dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa penuh (full-scholarship) atau beasiswa tidak penuh (partial-scholarship)," ungkapnya.

Regional Manager EMGS, Megat Mohd Samsul bin Megat Ismail menambahkan, komitmen pemerintah Malaysia menjadi hub pengetahuan dan bakat, membuka kesempatan bagi pelajar maupun dosen Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan bakat akademiknya di Malaysia.

Tercatat saat ini ada lebih dari 10 ribu pelajar Indonesia di Malaysia. Menurutnya, biaya kuliah yang relatif murah menjadi alasannya. Dia mencontohkan, untuk perguruan tinggi negeri (PTN) biaya kuliahnya sekitar Rp15 juta per semester, perguruan tinggi swasta Rp30 juta, dan perguruan tinggi internasional sekitar Rp50 juta.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kuliah Filologi Cukup Luas, Tertarik?

Sejumlah perguruan tinggi Malaysia yang berada di peringkat 200 QS World University Ranking, menurut Senior Director Communication & Branding Division, Puan Rahimah Ibrahim, juga menjadi daya tarik tersendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)