Mengenal Jurusan Kuliah Filologi, Minim Peminat Karier Menjanjikan

Selasa, 07 Maret 2023 - 17:18 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Kuliah Filologi, Minim Peminat Karier Menjanjikan
Tim Perpusnas RI mengkonservasi 150 manuskrip kuno milik Tarmizi Abdul Hamid. Foto/dok/Cek Midi
A A A
JAKARTA - Seorang pengguna TikTok dengan nama username @hi.kaal, membagikan sebuah video yang menceritakan jurusan kuliahnya di salah satu universitas ternama di Indonesia.

Diketahui, ia berkuliah di jurusan Filologi Universitas Indonesia (UI) dengan jumlah mahasiswa hanya 6 orang. Dalam video tersebut @hi.kaal juga mengatakan bahwa jumlah tersebut sudah tergolong banyak.



Hingga saat ini (7 Maret 2023), video tersebut sudah disukai oleh lebih dari 455 ribu orang dan mendapatkan komentar dari 2 ribu pengguna TikTok.

Banyak warganet menyatakan kekagumannya, karena memandang bahwa filologi merupakan ilmu yang cukup sulit. Di sisi lain, ada pula yang mengatakan bahwa filologi adalah ilmu pengetahuan yang sangat seru dan asyik untuk dipelajari, apalagi sampai memilih untuk mendalaminya.

Lantas, apa sebenarnya jurusan filologi? Secara garis besar, filologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari kebudayaan masa lalu atau sejarah sebuah bangsa.



Penelitian atau identifikasi tersebut dilakukan melalui teks kuno tertulis. Melansir SINDOnews, filologi juga dapat membantu ilmu lainnya untuk mengidentifkasi, bahkan mengungkap bagaimana pemikiran orang-orang terdahulu atau nenek moyang.

Mereka yang mengambil jurusan filologi pada tingkat master umumnya merupakan lulusan sastra Indonesia dan sastra Jawa.

Meskipun sangat minim peminat, namun lulusan filologi mempunyai prospek kerja yang sangat luas. Sudah pasti, lulusan filologi bisa menjadi seorang filolog andal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)