Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kuliah Filologi Cukup Luas, Tertarik?

Selasa, 07 Maret 2023 - 13:39 WIB
loading...
Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kuliah Filologi Cukup Luas, Tertarik?
Jurusan Filologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini, jurusan filologi sedang ramai dibahas. Banyak publik yang penasaran dengan jurusan ini. Namun, tak banyak yang mengetahui eksistensi jurusan ini.

Dalam perkembangannya, filologi dapat diartikan sebagai disiplin ilmu pengetahuan yang mempelajari kebudayaan masa lampau atau sejarah dari suatu bangsa melalui teks-teks kuno tertulis.



Tak hanya ilmu yang mengkaji naskah-naskah kuno, filologi berperan penting dalam membantu ilmu lainnya untuk mengungkap bagaimana tinggalan pemikiran nenek moyang di masa lalu.

Ilmu tentang filologi memang sangat penting untuk dimiliki oleh orang yang mencintai negaranya. Maka, dibukalah jurusan filologi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan ilmu filologi tersebut.

Jurusan ini biasanya hadir bagi mahasiswa yang mengambil sarjana khususnya sarjana bahasa dan sastra Indonesia. Di perguruan tinggi Indonesia, jurusan ini biasa dibuka untuk jenjang pascasarjana.



Sebut saja di Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada. Selain itu, Universitas Terbuka juga memiliki jurusan filologi.

Di jurusan filologi, mahasiswa akan mempelajari objek kajian berupa naskah dan teks masa lalu. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui dan memahami kebudayaan suatu bangsa melalui hasil karya sastranya.

Lulusan jurusan filologi nantinya akan menjadi seorang filolog. Meski memiliki sedikit peminat, prospek kerja lulusan filologi juga cukup luas. Lulusannya bisa bekerja di badan kearsipan, kebahasaan, lembaga kebudayaan, serta beberapa kementerian.

Selain itu, mereka juga bisa menjadi kurator museum, perservator naskah, pakar budaya, kritikus, peneliti bahasa, leksikografer, kodikolog, serta juga bisa menjadi ahli penerjemah.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4485 seconds (0.1#10.140)