Keren! Diterima 5 Kampus Top Dunia, Begini Sosok Siswa MAN 1 Yogyakarta Fadhil Mufti

Kamis, 09 Maret 2023 - 07:52 WIB
loading...
Keren! Diterima 5 Kampus Top Dunia, Begini Sosok Siswa MAN 1 Yogyakarta Fadhil Mufti
Fadhil Mufti Putra Fatria, siswa kelas 12 MIPA MAN 1 Yogyakarta berhasil diterima di 5 universitas top dunia sekaligus. Foto/MPI/Erfan Erlin)
A A A
YOGYAKARTA - Fadhil Mufti Putra Fatria, siswa kelas 12 MIPA MAN 1 Yogyakarta mampu mendulang prestasi yang membanggakan. Bagaimana tidak, dia berhasil diterima di 5 universitas top dunia sekaligus.

Dikutip dari laman resmi Kemenag DIY, Fadhil Mufti diterima di 5 kampus luar negeri. Di antaranya adalah University of British Columbia, Kanada; Kampus Vancower Prodi Geography of Environment and Sustainability Faculty of Arts University of Toronto, Kanada.



Kemudian Kampus St. George Prodi Environmental Geography Faculty of Arts and Science; Kampus Scarborough Prodi Environmental Geosciences Faculty of Arts and Science University of Sydney Australia; Kampus Darlington/Camperdown Prodi Geography. Faculty of Science Monash University, Australia.

Kampus Clayton, Prodi Geographical Science, Faculty of Science University of Western Australia Australia dan Kampus Crawley, Prodi Integrated Earth and Marine Science, Faculty of Science.

Pendamping Akademik atau Wali Kelas Fadil, Apryata dzikry Romadhon S.Kom mengatakan, dari kelas 10 yang lalu, Fadil memang gemar mengikuti berbagai olimpiade geografi. Dan prestasinya selalu meningkat dari tahun ke tahun.



"Tahun pertama juara Kota Yogyakarta, tahun kedua tingkat provinsi dan ini yang ketiga bisa meraih prestasi tingkat nasional,"ujar dia, Kamis (9/3/2023).

Di tingkat nasional, sebenarnya Fadil hanya mendapat medali perunggu. Namun di sisi lain dia menjadi yang terbaik dalam penelitiannya untuk dua kategori yang dilakukannya. Kemendikbudristek menilai penelitiannya lebih mendalam ketimbang peserta lain.

Dalam keseharian, Fadil adalah sosok yang asyik namun soal kekritisan di sekolah memang tiada duanya. Dia sangat kritis terhadap gurunya dan juga sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang kritis juga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)