Hari Musik Nasional, Mari Mengenal 4 Tokoh Pentingnya di Tanah Air

Kamis, 09 Maret 2023 - 13:44 WIB
loading...
Hari Musik Nasional, Mari Mengenal 4 Tokoh Pentingnya di Tanah Air
Hari Musik Nasional, berikut 4 tokoh penting musik nasional yang perlu kalian ketahui. Foto/Laman Ditjen Kebudayaan.
A A A
JAKARTA - Hari ini, Kamis 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional . Tercatat ada empat tokoh musik nasional di Indonesia yang patut diketahui dan dikenang.

Penetapan Hari Musik Nasional pada awalnya bermula dari pemilihan tanggal lahir Wage Rudolf (WR) Supratman yang dinyatakan sejumlah pihak lahir pada 9 Maret 1903.

Kemudian oleh Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikeluarkanlah Keppres No 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. Keppres tersebut menyatakan Hari Musik Nasional bukan hari libur nasional.

Isi Keppres tersebut menyebutkan, musik merupakan ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Musik juga memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Baca juga: Diperingati 8 Maret, Begini Sejarah Perjalanan Hari Perempuan Internasional dari Masa ke Masa

Peringatan Hari Musik Nasional juga sekaligus sebagai bentuk upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya-karya musik di Tanah Air, meningkatakan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik, dan meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional hingga mancanegara.

Pada momen Hari Musik Nasional 2023 ini, mari kita mengenal dan mengenang empat tokoh musik nasional. Siapa saja mereka? Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, berikut ini ulasannya.

1. Wage Rudolf Supratman


Wage Rudolf Supratman atau W.R Supratman adalah seorang tokoh komponis Indonesia yang sekaligus menciptakan lagu kebangsaan yakni "Indonesia Raya".

Melalui pena dan biolanya, W.R Supratman yang juga seorang guru dan wartawan ini turut berjuang mengangkat derajat bangsa ini.

Salah satu mahakaryanya adalah lagu kebangsaan Indonesia Raya yang pertama kali dikumandangkan pada 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda Kedua.

Hingga saat ini, karya ciptaan W. R. Supratman menjadi lagu kebangsaan Indonesia yang selalu dinyanyikan pada pelaksanaan upacara bendera.
Karya-karya terkenal lainnya dari W. R. Supratman seperti Di Timur Matahari, Ibu Kita Kartini, dan Di Timur Matahari.

2. Ismail Marzuki


Ismail Marzuki adalah salah satu komponis besar dan penyair Indonesia. Ia lahir di Kampung Kwitang, Jakarta, pada 11 Mei 1914. Bakat musiknya diturunkan dari sang ayah, Marzuki, yang merupakan seniman musik tradisional Arab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)