10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Era Digital

Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:33 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Era Digital
10 jurusan kuliah paling dibutuhkan di era digital bisa menjadi panduan untuk memilih program studi. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang dibutuhkan di era digital bisa jadi pilihan untuk masuk perguruan tinggi . Terlebih di era Revolusi Industri 4.0 saat ini yang membutuhkan ahli dari lulusan program studi yang sesuai dengan pesatnya laju teknologi.

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tengah dibuka di perguruan tinggi negeri dan juga perguruan tinggi swasta.

Namun kadang masih banyak calon mahasiswa yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah atau program studi di perguruan tinggi.

Berikut ini ada 10 jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan era digital dan memiliki peluang karier luas di masa depan yang dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Baca juga: 40 PTN dan PTS yang Masuk Klaster Mandiri Kemendikbudristek, Ini Daftarnya

1. Matematika dan Statistika


Banyak yang bilang jurusan ini terkenal sulit namun jurusan Matematika dan Statistika terbilang potensial di era digital saat ini.

Data analyst menjadi salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan dari jurusan ini. Selain menjadi data analyst, lulusannya juga berpeluang untuk berkarier menjadi data scientist, system analyst, market researcher, dan lainnya.

Ilmu mengenai pengumpulan, analisis, dan penyajian data akan menjadi makanan sehari-hari para mahasiswa Matematika dan Statistika.

2. Teknik Informatika


Jurusan kuliah Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan di era digital. Jurusan ini memberi mahasiswa kesempatan untuk memahami dunia IT, yang berhubungan dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi komputer jaringan.

Berbagai jenis pekerjaan membutuhkan lulusan dari teknik informatika, seperti programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, software engineer, database engineer, IT executive, network administrator, network support engineer, dan lainnya.

3. Cyber Security


Jika kalian masih bingung, apakah pekerjaan yang bisa di-apply oleh lulusan jurusan cyber Security, jawabannya adalah Computer Forensics Analyst dan Big Data Architect.

Mahasiswa jurusan ini akan mendapatkan ilmu tentang proteksi keamanan digital.
Seorang cyber security dituntut untuk dapat melindungi data-data penting milik perusahaan dalam bentuk digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)