5 Jurusan Kuliah D3 yang Peluang Dapat Kerjanya Besar, Tertarik?

Jum'at, 10 Maret 2023 - 15:11 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah D3 yang Peluang Dapat Kerjanya Besar, Tertarik?
Terdapat sejumlah jurusan kuliah D3 yang peluang dapat kerjanya besar. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah D3 yang peluang dapat kerjanya besar . Beberapa di antaranya bahkan menawarkan prospek gaji yang menggiurkan.

Pada dasarnya, jurusan kuliah merupakan aspek penting yang wajib diperhatikan calon mahasiswa . Tidak boleh asal memilih, mereka harus memikirkannya dengan matang sebelum menyesal di kemudian hari.

Dalam hal ini, tak hanya jenjang sarjana (S1) saja yang menarik perhatian perusahaan atau tempat kerja. Namun, sejumlah jurusan D3 juga memiliki peluang yang sama besarnya untuk bisa cepat mendapat kerja.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Luas di Industri Kreatif

Berikut lima jurusan kuliah D3 yang peluang dapat kerjanya besar.

1. D3 Akuntansi

Akuntansi menjadi salah satu jurusan kuliah yang dianggap sulit. Meski demikian, prospek kerja yang dimiliki para lulusannya terbilang cukup menjanjikan di masa depan.

Tak hanya jenjang S1 saja, sejumlah perguruan tinggi biasanya juga menyediakan jenjang D3 untuk jurusan ini. Sejumlah prospek kerja yang dimiliki di antaranya adalah Akuntan, Administrasi Keuangan, Konsultan Pajak, Analis Keuangan, dan lainnya.

2. D3 Teknik Informatika

Teknik Informatika sejatinya menjadi jurusan kuliah yang cukup populer di kalangan mahasiswa. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah karena memiliki prospek kerja yang bagus.

Seperti yang diketahui, seiring waktu perkembangan teknologi tak bisa dihindari lagi. Hal ini juga berdampak pada kebutuhan tenaga ahlinya untuk mengisi posisi-posisi yang memang dibutuhkan perusahaan.

3. D3 Perpajakan

Tak hanya memiliki prospek yang bagus, gaji dari lulusan jurusan ini juga cukup menggiurkan. Akan tetapi, hal tersebut sebanding dengan proses pembelajaran yang diikuti.

Dalam hal ini, mahasiswa yang ingin kuliah di perpajakan harus memiliki kemampuan analisis kuat dan ketelitian. Nantinya, data dan angka bisa menjadi makanan sehari-hari yang harus dituntaskan.

Baca juga : 8 Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa dengan Peluang Kerja Menjanjikan

4. D3 Broadcasting

Jurusan kuliah D3 berikutnya adalah Broadcasting. Mahasiswa jurusan ini nantinya akan mempelajari teori dan praktik untuk menciptakan program yang dapat disiarkan pada media massa seperti televisi, radio, ataupun media sosial.

Pada prospek kerjanya, lulusan D3 Broadcasting bisa menjadi penyiar berita, presenter, script writer, kameramen, editor, dan lain sebagainya.

5. D3 Hubungan Masyarakat

D3 Hubungan Masyarakat juga telah banyak tersedia pada sejumlah perguruan tinggi tanah air. Meski tidak sepopuler Akuntansi atau Teknik Informatika, jurusan ini tetap bisa menjadi pilihan.

Sebagai contoh, nantinya lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai public relations, event organizer, hingga profesi lain di bidang periklanan dan sejenisnya.

Demikian ulasan mengenai sejumlah jurusan kuliah D3 yang peluang dapat kerjanya besar.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4974 seconds (0.1#10.140)