Jurusan Kuliah dengan Pertumbuhan Mahasiswa Terbesar di Top 10 Kampus Nasional

Jum'at, 10 Maret 2023 - 16:44 WIB
loading...
Jurusan Kuliah dengan Pertumbuhan Mahasiswa Terbesar di Top 10 Kampus Nasional
Jurusan kuliah dengan pertumbuhan mahasiswa terbesar di 10 kampus terbaik nasional. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - 10 jurusan kuliah dengan pertumbuhan mahasiswa terbesar di 10 kampus di Indonesia menarik untuk diketahui. Datanya tersebar di perguruan tinggi negeri (PTN) dan juga perguruan tinggi swasta (PTS) Indonesia.

Jumlah mahasiswa di Indonesia di awal 2023 ini berdasarkan data BPS mencapai 7,8 juta mahasiswa. Terdiri dari 3,3 juta mahasiswa di universitas negeri dan 4,4 juta mahasiswa di universitas swasta. Namun di sisi lain masih banyak mahasiswa yang putus kuliah karena pandemic yang mengubah pembelajaran menjadi daring dan mewajibkan mahasiswa untuk belajar dari rumah.

Berangkat dari kondisi ini, sekolah online (edtech) RevoU kemudian membuat riset untuk melihat sisi lain di kampus yang terkena dampak pandemic, yaitu melihat bagaimana pertumbuhan jumlah mahasiswa dan juga minat mereka terhadap berbagai program studi dan jenjang pendidikan.

Riset daya terbaru seputar perguruan tinggi di Indonesia ini dilakukan dengan melihat tiga elemen, yaitu jumlah mahasiswa, jenis programs studi, dan jenjang pendidikan.

Baca juga: 40 PTN dan PTS yang Masuk Klaster Mandiri Kemendikbudristek, Ini Daftarnya

Data riset diambil dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dari 2019-2021 dengan jenjang pendidikan sarjana (S1) dan magister (S2). Data terakhir diambil pada 18 November 2022.

Data 10 universitas terbaik di Indonesia diambil dari QS World Ranking 2023 karena memiliki metodologi pemeringkatan dengan kriteria-kriteria spesifik seperti reputasi akademi, rasio jumlah dosen dengan mahasiswa, employer reputation, hasil jurnal ilmiah/academic citations yang di publikasi universitas dalam waktu 5 tahun, dan rasio murid internasional.

Data yang dikumpulkan dapat bermanfaat bagi calon mahasiswa dan juga perguruan tinggi untuk melihat trend jurusan favorit, jurusan yang berkembang, tingkat persaingan di beberapa universitas di Indonesia, dan jenjang pendidikan tinggi favorit diantara calon mahasiswa baru di Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi 6 Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Pertanian

Jurusan dengan Pertumbuhan Mahasiswa Terbesar di 10 Kampus Terbaik Indonesia

1. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Teknik Industri

Universitas Bina Nusantara memiliki jurusan Pembelajaran Jarak Jauh yang mengalami penambahan mahasiswa sebesar 290 % atau sejumlah 359 mahasiswa.

2. Perpustakaan dan Sains Informasi

Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi di Universitas Padjadjaran (Unpad) juga mengalami penambahan sekitar 80% atau kurang lebih 242 mahasiswa.

3. Akuakultur


Jurusan Akuakultur di Universitas Brawijaya mengalami penambahan kurang lebih 103 mahasiswa atau sekitar 76%

4. Studi Pembangunan


Jurusan Studi Pembangunan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengalami penambahan sekitar 57% atau 81 mahasiswa

5. Magister Informatika


Magister Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB) bertambah 50% atau kurang lebih 61 mahasiswa

6. Bioteknologi


Bioteknologi di Universitas Diponegoro bertambah 38% atau kurang lebih 86 mahasiswa

7. Kesehatan Masyarakat SIKIA Banyuwangi


Mahasiswa di Kesehatan Masyarakat SIKIA Banyuwangi di Universitas Airlangga bertambah sekitar 33% atau bertambah 52 mahasiswa

8. Magister Ilmu Hukum


Magister Ilmu Hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM) bertambah mahasiswanya 30% atau bertambah kurang lebih 36 mahasiswa

9. Magister Akuntansi


Magister Akuntansi di Universitas Indonesia bertambah 30% atau kurang lebih 36 mahasiswa

10. Bisnis


Jurusan Bisnis di IPB University bertambah 23% atau 111 mahasiswa.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0833 seconds (0.1#10.140)