Tumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa, Sekolah Global Sevilla Gelar Drama Musikal

Sabtu, 11 Maret 2023 - 15:14 WIB
loading...
Tumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa, Sekolah Global Sevilla Gelar Drama Musikal
Siswa Sekolah Global Sevilla menggelar pagelaran drama musikal Timun Mas berbahasa Inggris. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Siswa Sekolah Global Sevilla menggelar pagelaran drama musikal "Timun Mas" berbahasa Inggris. Pagelaran seni ini diyakini mampu menyelaraskan pengembangan potensi siswa dalam bidang akademik dan non akademik.

Superintendent Sekolah Global Sevilla, Michael Thia mengatakan, seni teater atau drama musikal yang dimainkan oleh para siswa merupakan salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan.

Menurutnya, selain dapat mengasah keterampilan dalam berbahasa, siswa juga dituntut percaya diri untuk tampil di depan penonton.

Pagelaran seni teater yang dimainkan oleh para siswa ini, ujar Michael Thia, merupakan salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas.

Baca juga: Seleksi PPPK Guru 2022 Ditarget Selesai Mei 2023, Berikut Jadwal Selengkapnya

"Mereka dapat belajar berbicara bahasa Inggris dengan fasih, bernyanyi, dan gerak tari. Dan juga belajar pentingnya kerja sama dalam tim dengan cara yang ‘fun”," katanya, melalui siaran pers, Sabtu (11/3/2023).

Menurut Michael Thia, proses pembelajaran saat ini tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas saja. Terutama dalam hal pengembangan bakat dan potensi siswa non akademik.

"Pembelajaran bahasa Inggris bukan hanya dijelaskan didalam kelas, tapi bagaimana mereka bisa belajar dengan bernyanyi misalnya. Maka pembelajarannya lebih menyenangkan," tuturnya.

Sekitar 50 siswa Global Sevilla tampil dalam drama musikal “Timun Mas” dalam bahasa Inggris yang berlangsung di Auditorium Sekolah Global Sevilla Pulomas Jumat (10/3/2023). Pertunjukan itu dijadikan sebagai sarana untuk memperkuat kemampuan bahasa Inggris dan mengasah rasa percaya diri siswa.

Baca juga: Nadiem Dorong Peningkatan Kompetensi Digital Guru di Indonesia

"Ini sejalan juga dengan pendidikan karakter dan budi pekerti yang kita tekankan melalui Mindfulness dalam proses belajar mengajar. Mengajarkan agar anak-anak fokus pada apa yang dikerjakan," kata Kepala Sekolah Global Sevilla, Purborini Sulistiyo.

Terkait dengan cerita “Timun Mas”, dia menjelaskan ada banyak nilai dan pesan yang dapat diambil dari cerita tersebut. Kisah tersebut mengajarkan kepada anak-anak untuk supaya kita tidak boleh mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan di kehidupan ini.

Jangan putus harapan, setiap masalah pasti akan memiliki jalan keluar. "Dari cerita ini siswa juga dapat belajar tentang berbagai macam sifat dan karakter dari peran yang dimainkan," tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)