5 Jurusan Kuliah Ini Bisa Diambil untuk Persiapan Masuk Dunia Politik

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:25 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Ini Bisa Diambil untuk Persiapan Masuk Dunia Politik
Partai Politik (Parpol). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang bisa diambil apabila calon mahasiswa memiliki ketertarikan untuk masuk ke dunia politik.

Jurusan kuliah sejatinya menjadi salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan. Pada keberlanjutannya, nantinya jurusan yang dipilih bisa saja berhubungan dengan prospek kerja yang didapat ketika lulus.



Sebagai contoh, apabila Anda tertarik untuk terjun ke dunia politik, salah satu langkah awal yang bisa diambil adalah masuk ke jurusan yang berkaitan dengannya.

Meski tak sepenuhnya berpengaruh, namun setidaknya ilmu yang didapat bisa menjadi bekal. Berikut beberapa jurusan kuliah yang bisa diambil untuk persiapan masuk ke dunia politik.

1. Ilmu Politik

Apabila tertarik untuk berkiprah di dunia politik, jurusan kuliah Ilmu politik akan menjadi salah satu pilihan tepat. Tak hanya mempelajari terkait sejarah dan teori saja, nantinya para mahasiswa juga akan berjibaku untuk menganalisis dinamika politik saat ini.



Maka dari itu, untuk menjadi mahasiswa jurusan ini dibutuhkan sejumlah kemampuan seperti daya analisis yang kuat serta pemikiran kritis.

Bagi Anda yang berminat, jurusan kuliah ini telah banyak tersedia di berbagai perguruan tinggi tanah air.

2. Ilmu Hukum

Tak harus menjadi pengacara, seorang lulusan jurusan hukum juga bisa terjun ke dunia politik. Terlebih cakupan bidang Ilmu Hukum ini terbilang cukup dekat dan nyambung dengan politik.

Selain itu, nantinya ketika memutuskan menjadi politisi, latar belakang Anda sebagai lulusan hukum juga akan sangat berguna, termasuk menjadi politikus yang taat hukum.

3. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah paling populer dan banyak diminati di Indonesia. Setiap tahunnya, jurusan ini selalu mendapat banyak pendaftar dari berbagai jalur masuk.

Memiliki disiplin ilmu yang luas, mahasiswa di jurusan ini juga nantinya bisa bekerja di dunia politik jika berkenan. Sebagai contoh, mereka bisa menjadi pengamat komunikasi politik, politisi, partisipator pemerintahan, dan lainnya.

4. Hubungan Internasional

Berikutnya ada Hubungan Internasional (HI). Sama halnya seperti Ilkom, jurusan ini juga memiliki banyak peminat dan cukup populer.

Bekal dari jurusan ini adalah pengetahuan terkait dinamika hubungan antar negara. Selain itu, lulusannya juga telah terbiasa untuk menganalisis permasalahan yang terjadi di dunia internasional, termasuk politik sekalipun.

5. Filsafat

Apabila dibandingkan dengan sejumlah jurusan di atas, Filsafat mungkin akan kalah dalam hal popularitas dan peminat. Sering disebut sebagai induk dari berbagai ilmu, sejatinya lulusan filsafat bisa menguasai berbagai teori, termasuk pemahaman politik.

Maka dari itu, tak jarang seorang lulusan filsafat bisa bekerja di dunia politik. Tak harus menjadi politisi, tapi bisa juga sebagai pengamat politik.

Itulah sejumlah jurusan kuliah yang bisa diambil untuk persiapan masuk ke dunia politik.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)