Kapal Barunastra ITS Siap Berlaga di Amerika, Target Raih Juara ke-5 Kalinya

Kamis, 16 Maret 2023 - 13:25 WIB
loading...
Kapal Barunastra ITS Siap Berlaga di Amerika, Target Raih Juara ke-5 Kalinya
Demonstrasi kapal robot terbaru Barunastra ITS yang diberi nama Nala Proteus. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Tim Barunastra ITS siap berlaga dan mengukir prestasi kembali di ajang International Roboboat Competition 2023 di Florida, Amerika Serikat. Kali ini, tim kapal robot kebanggaan ITS ini siap berkompetisi lewat kapal terbarunya, Nala Proteus.

Kapal anyar itu diluncurkan langsung oleh Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Dr Ir Mochamad Ashari. Tim Barunastra akan bertarung dengan tim dari kampus-kampus ternama dunia pada tanggal 22 – 28 Maret mendatang.

Ashari menyampaikan dukungannya kepada tim Barunastra ITS yang telah empat kali berjaya di ajang yang sama sebelumnya. “Ini adalah karya yang luar biasa dari mahasiswa ITS, saya yakin tim Barunastra ITS bisa kembali membawa gelar juara untuk kali kelima,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (16/3/2023).

Baca juga: Dukung Atlet Berprestasi, Wapres Resmikan Lab Doping dan Sentra Latihan Unesa

General Manager Tim Barunastra ITS Fariz Rayyan Januar mengatakan, ia dan rekan-rekannya telah melakukan persiapan sejak akhir 2022 guna memperoleh hasil maksimal di lomba yang akan dihelat tujuh hari berturut-turut di Florida itu.

“Kami menambahkan beberapa inovasi, di antaranya pada propulsi kapal dan lambung timbul kapal,” tutur Fariz Rayyan Januar.

Rayyan menjelaskan, pada kapal yang dibuat sebelumnya masih terdapat kekurangan di bagian lambung timbul kapal. Mereka melihat potensi yang membahayakan komponen elektrik kapal karena tipisnya jarak antara air dan lambung kapal hingga mereka bergegas menyempurnakan bagian tersebut.

Kapal terbaru tim Barunastra ITS ini pun diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sebelumnya dengan memperlebar jarak air dan lambung kapal.

Selain dari segi lambung timbul kapal, perubahan kapal juga dapat dilihat dari sistem propulsinya. Sistem propulsi yang dimiliki kapal Nala Proteus ini menggunakan sistem dengan gaya dorong dan torsi yang lebih besar dibanding propulsi kapal Barunastra sebelumnya.

Baca juga: 4 Sertifikasi Google untuk Buka Peluang Karier di Industri Teknologi, Mahasiswa Bisa Coba

“Dengan sistem propulsi tersebut, kapal terbaru kami dapat melaju hingga kecepatan 5 knot,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan tersebut.

Lebih lanjut, Rayyan mendeskripsikan bahwa kapal Nala Proteus memiliki panjang 0,97 meter dan lebar 0,84 meter. Kapal baru besutan tim Barunastra ini menggunakan bahan fiberglass atau kaca fiber yang sifatnya kuat. Dengan bahan tersebut, diharapkan mampu untuk menyelesaikan delapan misi pada perlombaan bergengsi tahunan ini.

Untuk menghadapi ajang internasional, tim Barunastra sudah beberapa kali melakukan percobaan dan mengoptimalkan kinerja kapal. “Dengan inovasi terbaru tim Barunastra, kami yakin bisa kembali menjadi juara dan mengharumkan nama ITS serta bangsa Indonesia,” tegas Rayyan optimistis.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3545 seconds (0.1#10.140)