Wisudawan Universitas Trilogi Didorong Perkuat Kolaborasi dan Integritas Diri

Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:20 WIB
loading...
Wisudawan Universitas Trilogi Didorong Perkuat Kolaborasi dan Integritas Diri
Universitas Trilogi menggelar prosesi wisuda hari ini. Sekjen Kementerian Tenaga Kerja, Prof. Dr. Anwar Sanusi hadir menyampaikan orasi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Prosesi wisuda Universitas Trilogi tahun 2023 yang mengusung tema “Berkolaborasi dalam Inovasi untuk Berprestasi” diikuti oleh 478 wisudawan, hari ini, Sabtu (18/3/2023). Para wisudawan program sarjana maupun magister ini tersebar di 13 Program Studi.

Mereka antara lain lulusan dari program studi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, PGSD, PG-PAUD, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Agribisnis, Agroekoteknologi, serta Ilmu & Teknologi Pangan.

Selain memberikan ucapan selamat atas peraihan gelar, kepada para wisudawan, Rektor Universitas Trilogi, Prof. Dr. Pramono Hari Adi berpesan agar para lulusannya termasuk mereka yang hari inidilantik dalam prosesi wisuda untuk selalu menjaga integritas diri.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 15 Prodi Baru di UI pada SNBT 2023

“Salah satu tantangan terbesar bangsa ini adalah terletak pada usaha pembangunan integritas yang berkelanjutan. Hadirnya berbagai peristiwa yang menunjukkan adanya krisis integritas diri belakangan ini seharusnya menjadi bahan refleksi bagi kita bersama, juga bagi kampus, termasuk Universitas Trilogi atas capaian darma-darmanya,” ujarnya, melalui siaran pers, Sabtu (18/3/2023).

Untuk itu, lanjut Rektor, dalam implementasinya sangat dibutuhkan semangat kolaborasi sehingga tantangan yang tadinya terasa sulit akan mudah untuk dihadapi dan diselesaikan.

“Melalui semangat kolaborasi, kerja-kerja akan semakin mudah, ide-ide dan karya inovatif akan lahir. Kita harus belajar banyak kepada pendiri bangsa, karena dengan semangat kolaborasi inilah mereka mampu mempertahankan kehadiran dan keutuhan NKRI,” jelasnya.

Senada dengan Rektor Universitas Trilogi, Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ), Prof. Dr. Arissetyanto Nugroho selain memberikan ucapan selamat juga memberikan semangat kepada para wisudawan untuk menjadi penerang bagi lingkungannya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah dengan Daya Tampung Tertinggi SNBT 2023 di Unand

“Ilmu pengetahuan sejatinya membawa energi perubahan yang baik. Ilmu pengetahuan juga merupakan penerang yang memudahkan manusia meniti jalan. Maka tidaklah tepat jika para wisudawan yang telah memiliki ilmu yang cukup justru tidak menjadi penerang bagi lingkungannya,” jelasnya kepada para wisudawan.

Acara wisuda yang juga bersempena dengan dies natalis yang ke-10 ini dilaksanakan di atrium Universitas Trilogi. Adapun yang didaulat memberikan orasi ilmiah adalah Sekjen Kementerian Tenaga Kerja, Prof. Dr. Anwar Sanusi.

Dalam orasinya disampaikan bahwa urusan dalam membangun masyarakat harus ditopang secara bersama. Di antaranya adalah melakukan kolaborasi antara pendidikan tinggi dengan sektor-sektor yang terkait dengan ketenagakerjaan. Selain itu, disampaikannya juga data terkait tantangan bagi para wisudawan.

“Kepada para wisudawan yang akan mengisi sebuah ceruk atau kelompok yang dinamakan kelompok intelektual, tantangannya sangat luar biasa. Misalnya dalam hal menghadapi era disrupsi teknologi berupa banyak pekerjaan yang hilang sekaligus banyak juga pekerjaan baru yang akan muncul,” ujarnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2023 SINDOnews.com. All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.3191 seconds (11.210#12.26)