Robot Bayucaraka ITS Siap Pertahankan Juara di Kompetisi Robotika Internasional

Sabtu, 18 Maret 2023 - 15:30 WIB
loading...
Robot Bayucaraka ITS Siap Pertahankan Juara di Kompetisi Robotika Internasional
Tiga drone terbaru tim Bayucaraka ITS, yakni Soero Alpha, Soero Beta, dan Soero Airon usai diluncurkan secara resmi oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - ITS kembali berkesempatan menunjukkan taringnya di dunia robotika internasional. Setelah tim roboboat Barunastra, kali ini tim robot terbang Bayucaraka ITS siap mengikuti kompetisi internasional Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC)2023 di Singapura.

Robot berupa tiga drone yang diberi nama Soero Alpha, Soero Beta, dan Soero Airon serta empat remote terbaru yang ditampilkan pada peluncuran ini diluncurkan secara langsung oleh Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Dr Ir Mochamad Ashari.

Ketiga robot berbasis autonomous tersebut akan dibawa untuk bertarung pada dua kategori dari delapan kategori yang ada, yaitu Semi-Autonomous (D1) dan Autonomous (D2) di negara tetangga pada 25 Maret - 1 April 2023 mendatang.

Thoriq Akbar Maulana, Ketua Tim Bayucaraka ITS memaparkan, kompetisi internasional ini digelar SO National Laboratories dan Science Center Singapore dan didukung Kementerian Pertahanan Singapura yang menjadi salah satu kompetisi bergengsi yang menjadi incaran utama Bayucaraka.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 15 Prodi Baru di UI pada SNBT 2023

“Tiga trofi yang tahun lalu telah kita dapatkan masih belum maksimal, yang selanjutnya akan kami perbaiki di pertarungan tahun ini, ” tegasnya optimistis, melalui siaran pers, Sabtu (18/3/2023).

Dua di antara tiga robot yang diusung kali ini merupakan jenis Swap Drone. Keduanya saling terkoneksi dan bekerja sama untuk menyelesaikan misi memindahkan bola pada target yang telah ditentukan.

Jenis drone ini menggunakan teknologi autonomous yang tidak melibatkan sentuhan manusia untuk menggerakkannya. Sedangkan, untuk drone lainnya dirancang untuk mengangkat pinbag dan paperclip dengan kesulitan yang lebih dibanding tahun sebelumnya.

Thoriq menambahkan, pada perlombaan ini, Bayucaraka ITS membawa inovasi terbaru dari segi teknologi yang berbeda dari sebelumnya. Penggunaan jenis remote dengan sensor gerak yang dapat mendeteksi gerakan tangan yang nantinya akan ditransformasi untuk menjalankan drone.

Baca juga: UGM Raih Penghargaan Media Sosial Terbanyak Sektor Perguruan Tinggi PR Awards 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)