Ciptakan Robot Baru, Bayucaraka ITS Siap Pertahankan Juara di Laga Internasional

Minggu, 19 Maret 2023 - 14:36 WIB
loading...
Ciptakan Robot Baru, Bayucaraka ITS Siap Pertahankan Juara di Laga Internasional
Anggota tim Bayucaraka ITS saat menyiapkan salah satu drone yang akan melakukan demonstrasi. Foto/Dok/ITS
A A A
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) kembali berkesempatan menunjukkan taringnya di dunia robotika internasional. Setelah tim roboboat Barunastra, kali ini tim robot terbang Bayucaraka ITS siap mengikuti kompetisi internasional Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC)2023 di Singapura.

Melalui kegiatan Grand Launching dan Pelepasan Tim Bayucaraka ITS 2023, tim Bayucaraka ITS meluncurkan robot terbarunya secara resmi di halaman depan Gedung Rektorat ITS, Jumat (17/3/2023).



Robot berupa tiga drone yang diberi nama Soero Alpha, Soero Beta, dan Soero Airon serta empat remote terbaru yang ditampilkan pada peluncuran ini diluncurkan secara langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng.

Ketiga robot berbasis autonomous tersebut akan dibawa untuk bertarung pada dua kategori dari delapan kategori yang ada, yaitu Semi-Autonomous (D1) dan Autonomous (D2) pada 25 Maret - 1 April 2023 mendatang.

Ashari bahagia terhadap tim Bayucaraka ITS yang telah mempersiapkan segala kebutuhannya dalam menghadapi kompetisi bergengsi ini. “Berdasar prestasi tahun lalu serta kesiapan yang matang dari Bayucaraka, kami optimistis tim ini dapat membawa tropi juara satu,” katanya.



Dalam mempersiapkan kompetisi bergengsi tersebut, Bayucaraka ITS mengirimkan enam perwakilan dari tim Soeromiber. Ashari menyampaikan bahwa keluarga besar ITS turut mengucapkan selamat bertanding bagi seluruh anggota tim yang akan terbang membawa nama baik ITS dan bangsa Indonesia di kancah internasional ini.

“Kedisiplinan, kesabaran, dan strategi yang baik dari tim menjadi kunci dalam perlombaan ini,” jelasnya.

Thoriq Akbar Maulana, Ketua Tim Bayucaraka ITS menuturkan, lomba yang diadakan oleh SO National Laboratories dan Science Center Singapore, serta didukung juga oleh Kementerian Pertahanan Singapura tersebut menjadi salah satu kompetisi bergengsi yang menjadi incaran utama Bayucaraka. “Tiga trofi yang tahun lalu telah kita dapatkan masih belum maksimal, yang selanjutnya akan kami perbaiki di pertarungan tahun ini,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)