Siswa MAN 1 Kota Semarang Raih Medali Emas Indonesia Youth Robot Competition 2023

Jum'at, 24 Maret 2023 - 17:10 WIB
loading...
Siswa MAN 1 Kota Semarang Raih Medali Emas Indonesia Youth Robot Competition 2023
Ia Kirana Insani, Siswa MAN 1 Kota Semarang meraih medali Emas pada ajang Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) 2023. Foto/Dok/MAN 1 Kota Semarang
A A A
JAKARTA - Siswa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 1 Kota Semarang kembali meraih prestasi nasional di bidang robotik. Ia Kirana Insani, siswa madrasah ini meraih medali Emas Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) 2023.

Ajang yang berlangsung pada 19 Maret 2023 di Semarang ini diselenggarakan IYRC . Kompetisi diikuti para siswa sekolah dan madrasah dari berbagai daerah di Indonesia. Para pemenangnya diumumkan pada 21 Maret 2023.



Ia Kirana Insani ikutan lomba bidang animasi. Ia membuat game yang bernama Playing and Helping with Lola dengan tema Robot Helping People.

“Alhamdulillah dapat medali emas. Padahal, project game ini digarap dengan kurun waktu tiga hari empat malam,” terangnya di Semarang, Selasa (21/3/2023).

“Sebelumnya, saya juga meraih juara 3 pada kompetisi robotik yang digelar UIN Walisongo. Saat itu saya ikut di bidang creative robotic,” sambungnya.



Pada IYRC 2023, Ia membuat game animasi bertemakan robot helping people. Ia mengaku ingin menyampaikan pesan bahwa di era teknologi yang serba canggih, manusia bisa memanfaatkan robot untuk membantu mereka dalam banyak hal.

“Saya coba buat robot bernama 'Lula' yang akan membantu teman-temannya yang sedang membutuhkan pertolongan,” paparnya.

Skema kerja game robot ini, pemain game diberi permasalahan untuk dipecahkan. Ada lima level game. Tiga level pertama berbentuk kuis. Dalam level ini, pemain game akan membantu Lula memberikan pengobatan kepada teman-temannya. Untuk level 4 dan 5, pemain game akan membantu Lula menemukan peralatan medis yang dibutuhkannya.

“Saya berharap game ini dapat menjadi sarana edukasi kepada khalayak bahwa kita bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan dapat meringankan pekerjaan manusia, serta untuk selalu tolong menolong kepada sesama,” tandasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2451 seconds (0.1#10.140)