Hadirkan Para Pakar dan Praktisi, Teknik Industri SGU Kupas Implementasi Teknologi Industri 4.0

Senin, 27 Maret 2023 - 12:28 WIB
loading...
Hadirkan Para Pakar dan Praktisi, Teknik Industri SGU Kupas Implementasi Teknologi Industri 4.0
Program studi Teknik Industri (Industrial Engineering) Swiss German University (SGU) menggelar workshop Applied Artificial Intelligence in Industry pada Rabu-Kamis, 15-16 Maret 2023. Foto/Dok/TI SGU
A A A
JAKARTA - Dengan pesatnya perkembangan dunia industri yang ditandai dengan mulainya berlangsungnya era Industri 4.0 , pemeliharaan secara prediktif menjadi salah satu topik yang banyak dibahas untuk meningkatkan kinerja industri di Indonesia.

Program studi Teknik Industri (Industrial Engineering) Swiss German University (SGU), berkolaborasi dengan pihak pengelola PIDI 4.0, PT AWASIN dan Techsource Systems menggelar workshop "Applied Artificial Intelligence in Industry" pada Rabu dan Kamis, 15-16 Maret 2023.



Acara ini diselenggarakan di Gedung Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI4.0) yang merupakan fasilitas milik Kementerian Perindustrian Indonesia, di Jl. Raya Kby Lama, No 41, Permata Hijau, Jakarta Barat.

Dalam kegiatan ini terdapat 10 pembicara, yaitu Dr. Eng. Aditya T Pratama, Ir. Triarti Saraswati, M.Eng, Ivan Kurniawan MT, MBA, dan Dr. Tanika D Sofianti dari Industrial Engineering - Swiss German University, juga Bambang Nugroho dan Ms Rasyiqah Annani dari Techsource Systems, serta Martin Kurnadi dari PT AWASIN, Mr Clyde Lee & Mr Kevin PF Sheu dari MOXA & Mr Marchellino I. Kwasasi dari Patlite.

Sesi pertama dimulai oleh Dr. Tanika D Sofianti dari Teknik Industri SGU membawakan materi dengan judul “Artificial Intelligence for System Optimization”. Sesi ini membahas bagaimana state of the art dari sebuah optimasi sistem dan bagaimana teknologi terkini dari sebuah optimasi sistem menggunakan artificial intelligence.



Dr. Aditya T Pratama sebagai pembicara ke dua dari SGU membahas mengenai bagaimana implementasi artificial intelligence untuk penjaminan kualitas dari sebuah produk dan peralatan.

Pembicara ketiga dari SGU adalah Ivan Kurniawan, MT, MBA yang menjelaskan bagaimana artificial intelligence diimplementasikan untuk sebuah logistic dan supply chain system yang kemudian dilanjutkan oleh Ir. Triarti Saraswati yang menjelaskan bagaimana perkembangan dari Artificial Intelligence dan pekerjaan apa saja yang akan digantikan oleh Artificial Intelligence dan pekerjaan apa saja yang tetap akan dikuasai oleh pekerja manusia.

Pada sesi dari Techsource system, dilakukan sebagai sesi hands-on Artificial Inteligence menggunakan MATLAB untuk implementasi pada Industry yang diarahkan oleh Rasyiqah dan Bambang dari TechSource.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)