Deretan Pekerjaan yang Mensyaratkan Tinggi Badan, Fresh Graduate Wajib Tahu!

Senin, 27 Maret 2023 - 15:51 WIB
loading...
Deretan Pekerjaan yang Mensyaratkan Tinggi Badan, Fresh Graduate Wajib Tahu!
Terdapat sejumlah pekerjaan yang mensyaratkan tinggi badan dalam ketentuannya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah pekerjaan yang mensyaratkan tinggi badan dalam ketentuannya. Biasanya pekerjaan tersebut berhubungan dengan layanan.

Seiring waktu, jenis pekerjaan di dunia terus muncul dan bertambah. Namun, sebuah lowongan kerja akan memberikan sejumlah persyaratan untuk para pendaftarnya.

Tak sebatas latar belakang pendidikan dan pengalaman, biasanya ada juga ketentuan lain seperti tinggi badan. Lantas, pekerjaan apa sajakah yang termasuk.

Pekerjaan dengan Syarat Tinggi Badan

Berikut deretan pekerjaan yang mensyaratkan tinggi badan kepada para pelamarnya.

1. Perbankan

Bekerja di bank menjadi salah satu pekerjaan yang didambakan banyak orang. Dalam hal ini, cukup banyak alasan yang membuatnya disukai, termasuk di antaranya adalah pendapatannya menjanjikan.

Namun, perlu diketahui bahwa untuk bisa bekerja di bank tidaklah mudah. Selain harus bersaing dengan kandidat lain, terdapat juga sejumlah syarat yang wajib dipenuhi.

Umumnya, syarat-syarat yang tercantum di antaranya adalah seperti latar belakang pendidikan hingga batas usia. Selain itu, biasanya sebuah lowongan pekerjaan dari bank juga mensyaratkan tinggi badan.

Adapun ketentuan ini berbeda antara laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki, tinggi badan biasanya diharuskan minimal 165 cm, serta perempuan adalah 155 cm.


2. Pramugara dan Pramugari

Berikutnya ada Pramugara dan Pramugari. Sama seperti profesi di Perbankan, pekerjaan ini juga cukup banyak disukai.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang pramugara atau pramugari juga tidak mudah. Dalam hal ini, biasanya mereka harus melalui berbagai macam tahapan seleksi yang ketat.

Pada sederet persyaratan yang biasa ditentukan, salah satu di antaranya adalah tinggi badan. Biasanya, lowongan pekerjaan untuk pekerjaan ini memiliki ketentuan pelamar yang memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional.

3. KAI

Sejumlah posisi pekerjaan yang dibuka KAI biasanya juga turut mensyaratkan tinggi badan pelamarnya. Dalam hal ini, ketentuannya juga tidak selama sama.

Sebagai contoh, pada rekrutmen KAI pada awal Maret 2023 lalu, terdapat syarat tinggi badan minimal 160 cm untuk pria, dan 155 cm untuk perempuan.

Selain ketiga profesi di atas, sejatinya masih ada lagi sejumlah pekerjaan lain yang mensyaratkan tinggi badan. Sebut saja seperti polisi, tentara, model, pegawai bea cukai, dan lain sebagainya.

Itulah deretan pekerjaan yang mensyaratkan tinggi badan. Bagi fresh graduate yang belum pernah memiliki pengalaman kerja, hal seperti di atas bisa menjadi tambahan referensi ketika nantinya akan melamar kerja.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)