Mengenal Sekolah Kedinasan Poltekesos Bandung, Naungan Kemensos RI

Selasa, 28 Maret 2023 - 17:38 WIB
loading...
Mengenal Sekolah Kedinasan Poltekesos Bandung, Naungan Kemensos RI
Poltekesos Bandung yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Foto DOK Poltekesos Bandung
A A A
JAKARTA - Sekolah Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang bernaung di bawah lembaga pemerintahan atau kementerian sebagai penyelenggara pendidikan dengan pola pembibitan atau ikatan dinas. Salah satu di antaranya adalah Poltekesos Bandung yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Dikutip dari laman resminya, Poltekesos Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung merupakan sekolah kedinasan atau perguruan tinggi dengan status tertua di bawah Kementerian Sosial RI.



Berdirinya perguruan tinggi ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial RI Nomor Pbs. 1-5-4/5980 tanggal 10 Desember 1964.

Dengan waktu berdiri yang sudah begitu lama, menjadikan perguruan tinggi ini meluluskan banyak peserta didik. Beberapa di antaranya kini telah menjadi PNS di Lingkungan Kemensos, Lembaga Sosial, bekerja di Bank dan tempat lainnya.

Dalam perkembangannya, Poltekesos Bandung telah didukung lebih dari 149 orang pegawai yang terdiri dari 63 orang pegawai di ruang lingkup administrasi dan 86 orang pegawai di ruang lingkup jabatan fungsional dosen.

Selain itu untuk mendukung perkembangan perguruan tinggi ini, Poltekesos Bandung juga memiliki 11 unit kajian dan layanan yang mengkaji dan melayani berbagai permasalahan sosial secara khusus. Mulai dari layanan bencana hingga layanan pembangunan sosial, ekonomi dan budaya.

Program Studi Poltekesos Bandung

Program Studi Poltekesos Bandung merupakan Sarjana Sains Terapan Pekerjaan Sosial. Adapan jurusan atau program studi dari perguruan tinggi ini yaitu :

- Pekerjaan Sosial
- Rehabilitasi Sosial
- Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial
- Magister Pekerjaan Sosial


Biaya pendidikan di Poltekesos Bandung

Untuk mahasiswa tugas belajar dan pendaftar kerja sama yang sedang menempuh pendidikan di Poltekesos Bandung, biaya kuliah gratis karena telah ditanggung oleh Kemensos.

Sedangkan untuk mahasiswa jalur mandiri, harus membayar biaya pendidikan sendiri alias tidak gratis. Besaran biaya yang dikeluarkan telah diatur dalam peraturan pemerintah atau Kemensos.

Prospek kerja lulusan Poltekesos Bandung

Untuk lulusan dari Poltekesos bisa menjadi PNS di Kementerian Sosial, namun tidak ada jaminan setelah lulus langsung menjadi PNS Kemensos karena tetap harus lulus dalam seleksi CPNS.

Selain menjadi PNS, lulusan dari sekolah kedinasan ini juga bisa bekerja di Bank terutama di bagian CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan dan lembaga di bidang sosial lainnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)