Rekomendasi 7 Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 08 Maret 2023 - 12:33 WIB
loading...
Rekomendasi 7 Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Perindustrian
Terdapat sejumlah sekolah kedinasan di bawah naungan kementerian perindustrian. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah sekolah kedinasan di bawah naungan kementerian perindustrian . Beberapa di antaranya tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atau yang disingkat Kemenperin RI adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian. Dalam prakteknya kementerian ini juga telah menyelenggarakan program pendidikan di bawah naungannya.

Baca juga : 6 Sekolah Kedinasan Pariwisata Terbaik di Indonesia

Melansir dari laman resminya, berikut tujuh sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perindustrian:

1. Politeknik STMI Jakarta

Politeknik STMI merupakan salah satu lembaga perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Kedinasan ini berlokasi di Jakarta Pusat.

STMI telah membuka sebanyak 6 program studi di antaranya adalah Teknik Industri Otomotif, Sistem Informasi Industri Otomotif, Administrasi Bisnis Otomotif, Teknik Kimia Polimer, Teknologi Rekayasa Otomotif dan Tenaga Penyuluh Lapangan.

2. Politeknik STT Bandung

Politeknik STT Bandung telah menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi untuk mencetak SDM dalam bidang industri. Kedinasan ini berfokus pada pendidikan di bidang tekstil.

Politeknik STT Bandung diketahui mempunyai program sarjana terapan dan magister terapan. Untuk sarjana terapan program studi yang ditawarkan seperti Teknik Tekstil, Kimia Tekstil dan Produksi Garmen. Sedangkan magister terapan program studinya yakni, Rekayasa Tekstil dan Apparel.

3. Politeknik APP Jakarta

Politeknik APP Jakarta merupakan salah satu pendidikan vokasi berbasis kompetensi yang bersertifikasi internasional (PEARSON). Kurikulum yang telah dibuat oleh kedinasan ini disesuaikan dengan kebutuhan industri yang siap kerja.

Untuk program studi dari Politeknik APP antara lain seperti D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika, D-3 Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT, D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika serta prodi D-1 Distribusi dan Pengiriman.

Baca juga : 8 Sekolah Kedinasan Terbaik, Lulus Langsung Jadi CPNS

4. Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta adalah sekolah kedinasan yang memiliki program untuk mendukung pengembangan industri kulit, karet dan plastik di Indonesia. Pada mulanya, politeknik ini bernama Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta.

Program Studi yang ditawarkan di antaranya adalah Jurusan Teknologi Pengolahan Kulit, Jurusan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP) dan Jurusan Teknologi Pengolahan Produk Kulit.

5. Politeknik AKA Bogor

Politeknik AKA Bogor diketahui sebagai kedinasan yang menyediakan SDM ahli kimia analisis dan terapan yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan dan mengembangkan industri.

Sekolah kedinasan ini telah menyediakan pendidikan profesional program diploma III dan IV. Politeknik AKA bogor dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan di bidang kimia analisis.

Untuk program diploma III analisis di antaranya adalah Analisis Kimia Reguler, Analisis Kimia Dual System dan Analisis Kimia Akselerasi. Sedangkan untuk program diploma IV adalah Prodi Nanoteknologi Pangan.

6. Politeknik ATI Padang

Politeknik ATI Padang menjadi salah satu kedinasan yang mempersiapkan dan mencetak SDM yang kompeten dalam bidang perindustrian. Dalam hal pembelajarannya, kedinasan ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas laboratorium yang bisa langsung dipakai.

Program studi yang ditawarkan oleh Politeknik ATI Padang di antaranya ada Analisis Kimia, Manajemen Logistik industri Agro, Teknik Industri Agro, Teknik Kimia Bahan Nabati dan Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan.

7. Politeknik ATI Makassar

Politeknik ATI Makassar juga menjadi salah satu pendidikan tinggi yang bergerak dalam bidang teknologi industri dan manufaktur. Diketahui akreditasi dari kedinasan ini dinilai B oleh BAN-PT.

Program studi yang ditawarkan oleh sekolah kedinasan ini seperti Teknik Manufaktur Industri Agro (akreditasi A), Otomasi Sistem Permesinan (akreditasi B), Teknik Kimia Mineral (akreditasi B) dan Teknik Industri Agro (akreditasi B).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0849 seconds (0.1#10.140)