Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sudah Banyak dan Paling Diminati Calon Mahasiswa

Rabu, 29 Maret 2023 - 07:07 WIB
loading...
Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sudah Banyak dan Paling Diminati Calon Mahasiswa
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang lulusannya banyak menarik untuk diulas. Prospek kerja yang menjanjikan menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah . Berikut jurusan kuliah yang lulusannya sudah banyak, melansir laman pddikti.kemdikbud.go.id.

1. Pendidikan

Melansir pddikti.kemdikbud.go.id, jumlah mahasiswa lulusan jurusan Pendidikan mencapai 1.371.105 jiwa. Jurusan Pendidikan tidak hanya sekadar PGSD (Pendidikan Guru SD).



Namun, ada juga Pendidikan Vokasional Desain Fashion, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan dinilai menjanjikan. Hal tersebut karena mempunyai prospek kerja yang baik lantaran adanya kebutuhan pasar.

2. Ekonomi

Jumlah mahasiswa lulusan jurusan Ekonomi mencapai 1.146. 430 jiwa. Jurusan Ekonomi menjadi jurusan yang dicari. Hal ini karena lulusan Ekonomi dibutuhkan di berbagai sektor industri.

Karier lulusannya pun luas serta beragam, lantaran permintaan terhadap lulusan jurusan Ekonomi di pasar tenaga kerja Indonesia maupun global. Lulusan Ekonomi dapat menjadi seorang ekonom hingga perencana keuangan.


3. Sosial

Jumlah mahasiswa lulusan jurusan Sosial adalah 1.058.304 jiwa. Jurusan Sosial dapat meliputi Kriminologi, Komunikasi, Antropologi, Kesejahteraan Sosial, hingga Hubungan Internasional. Para lulusannya juga diincar oleh perusahaan. Selain itu, lulusannya dapat bekerja di beragam perusahaan.

4. Teknik

Jumlah lulusan jurusan Teknik sebanyak 1.024.231 jiwa. Prospek kerja yang luas menjadi salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih jurusan Teknik saat kuliah.

Jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil,Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Perminyakan, Teknik Perkapalan, hingga Teknik Kimia dinilai mempunyai peluang kerja yang menjanjikan. Tak jarang, para lulusannya digaji menggunakan dolar.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)