6 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan BMKG, Nomor Terakhir dari Lulusan Teknik

Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:08 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan BMKG, Nomor Terakhir dari Lulusan Teknik
Sedikitnya ada enam jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) . Salah satu di antaranya berasal dari jurusan teknik.

BMKG merupakan lembaga pemerintahan Non Departemen yang berwenang untuk melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang Meteorologi Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika.

Menjadi salah satu lembaga penting dalam pemerintahan, setiap tahunnya BMKG membutuhkan sejumlah pegawai dari beberapa jurusan kuliah.


Jurusan Kuliah yang dibutuhkan BMKG

Berikut enam jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh BMKG :

1. Meteorologi

Meteorologi merupakan jurusan kuliah yang sangat dibutuhkan oleh BMKG. Hal itu dikarenakan lulusan dari jurusan ini dianggap sudah paham tentang bumi dan gejalanya.

Mahasiswa dari jurusan meteorologi juga telah dibekali dengan ilmu mengenai cuaca, iklim, gejala alam hingga bencana alam. Jurusan meteorologi kini sudah tersedia di beberapa kampus, salah satunya Institut Teknologi Bandung (ITB).

2. Klimatologi

Klimatologi juga termasuk jurusan yang kerap dibutuhkan oleh BMKG. Jurusan ini nantinya akan melahirkan lulusan yang paham terkait iklim dan cuaca. Hal itu tentu sesuai dengan tugas pemerintah untuk BMKG.

Lulusan dari jurusan klimatologi telah dibekali dengan kemampuan untuk melakukan pengamatan terhadap seluruh unsur klimatologi sampai dengan pengolahan dan analisa klimatologi.

3. Astronomi

Jurusan astronomi merupakan jurusan yang terbilang unik dan langka. Jurusan yang dibutuhkan oleh BMKG ini hanya tersedia satu di Indonesia, tepatnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (ITB).

Mahasiswa dari jurusan ini akan mempelajari banyak tentang benda di luar angkasa beserta isinya. Dari semua kajian keilmuan dari jurusan astronomi akan berhubungan dengan 3 bidang keilmuan, yaitu kimia, biologi, dan fisika.


4. Geofisika

Selanjutnya ada jurusan geofisika yang juga para lulusannya dapat bekerja di BMKG. Lulusan dari jurusan ini telah dibekali dengan wawasan kebumian.

Mahasiswa dari jurusan Geofisika akan mempelajari tentang segala bentuk fenomena alam, pengukuran hingga karakteristik. Pengalaman belajarnya itu dapat digunakan untuk mengetahui kondisi permukaan bumi di bagian bawah dengan 3 bidang keilmuan, yakni fisika, kimia, dan biologi.

5. Instrumentasi

Instrumentasi merupakan jurusan yang ada pada sekolah kedinasan di bawah naungan BMKG. Sehingga jurusan yang satu ini jarang diketahui oleh banyak orang.

Mahasiswa dari jurusan Instrumentasi akan mempelajari tentang instrumen atau alat-alat yang digunakan untuk menunjang kerja dari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Oleh karenanya jurusan yang satu ini berkaitan erat dengan ilmu teknologi fisika dan informatika.

6. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika memang selalu dibutuhkan oleh seluruh bidang pekerjaan, tak terkecuali dengan BMKG. Lulusan dari jurusan teknik informatika biasanya akan ditempatkan sebagai pranata komputer.

Mahasiswa dari jurusan ini akan mempelajari dan menerapkan analisis sistematis dan prinsip dari ilmu komputer dalam merancang menguji serta mengembangkan software dan sistem operasinya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)