UI Raih 2 Penghargaan dari Kemendikbudristek Atas Implementasi SAKIP dan Kinerja Anggaran

Minggu, 02 April 2023 - 14:35 WIB
loading...
UI Raih 2 Penghargaan dari Kemendikbudristek Atas Implementasi SAKIP dan Kinerja Anggaran
UI raih apresiasi dalam Penganugerahan Penghargaan Mendikbudristek kepada Unit Kerja dan Satuan Kerja atas Implementasi SAKIP, Kinerja Anggaran, dan KIP Terbaik 2022. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia ( UI ) raih apresiasi dalam Penganugerahan Penghargaan Mendikbudristek kepada Unit Kerja dan Satuan Kerja atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Kinerja Anggaran, dan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik Tahun 2022.

UI mendapat dua penghargaan sekaligus, yaitu Terbaik Pertama Penyelenggaraan SAKIP Tahun 2022 untuk Kategori Perguruan Tinggi Negeri dan Terbaik Kedua Kinerja Anggaran Tahun 2022 untuk Kategori Perguruan Tinggi Negeri sebagai Badan Hukum.



Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada unit kerja dan satuan kerja yang telah berupaya memastikan efektivitas pelaksanaan anggaran yang berdampak positif pada kinerja organisasi.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong keterbukaan informasi publik dalam mewujudkan good governance, serta meningkatkan layanan informasi kepada masyarakat.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., dalam kesempatan itu menyampaikan keyakinannya atas komitmen bersama untuk mendorong penerapan berbagai kebijakan Merdeka Belajar dengan prinsip-prinsip good governance.



Prinsip tersebut meliputi kualitas penganggaran berbasis pada kinerja dan data, berorientasi pada hasil, serta pemenuhan asas keterbukaan informasi publik.

“Upaya yang dilakukan ini selaras dengan transformasi birokrasi yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa prinsip dan orientasi kinerja dalam menjalankan pemerintahan tidak bisa diukur dari bagaimana sebuah kebijakan atau program dikirim ke pemangku kepentingan, tetapi bagaimana kebijakan dan program tersebut diterima menjadi sebuah capaian dan memiliki kebermanfaatan yang massif,” kata Nadiem dalam keterangan pers, Minggu (2/4/2023)

Dalam anugerah tersebut, ada 3 penghargaan yang diberikan. Pertama, penilaian atas kinerja anggaran pada unit kerja dan satuan kerja yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)