Unik, Mahasiswa Kyoto University Diizinkan Cosplay Saat Wisuda

Selasa, 04 April 2023 - 14:02 WIB
loading...
Unik, Mahasiswa Kyoto University Diizinkan Cosplay Saat Wisuda
Mahasiswa Kyoto University diizinkan cosplay pada saat wisuda. Foto/Facebook Dwarf Mamba.
A A A
JAKARTA - Biasanya prosesi wisuda mahasiswa hanya bertoga. Namun tidak di Kyoto University . Mahasiswa boleh cosplay menjadi alien, astronot, samurai, hingga kostum unik dan menarik lainnya.

Upacara wisuda menjadi salah satu hari paling berkesan dalam hidup siapapun yang pernah menjadi mahasiswa. Momen penuh kegembiraan karena tahap perjuangan menempuh kuliah berhasil dilalui.

Namun wisuda juga diliputi kesedihan karena akan berpisah dengan teman sekelas, dosen-dosen yang baik, hingga suasana di kampus dan perkuliahannya yang akan dikenang sepanjang masa.

Unik, Mahasiswa Kyoto University Diizinkan Cosplay Saat Wisuda


Foto kostum wisuda unik di Kyoto University. Foto/Facebook Dwarf Mamba

Namun pemandangan unik dan menarik pada upacara wisuda terjadi di Kyoto University. Terlepas dari kegembiraan karena lulus kuliah, para mahasiswanya meluapkan momen bahagia itu dengan memakai pakaian apapun yang mereka inginkan untuk kelulusan mereka.

Dikutip dari Boredpanda, momen ini terjadi karena Kyoto University bekerja sama dengan Universitas Seni Kota Kyoto yang mengizinkan mahasiswa dan mahasiswinya untuk memakai kostum (cosplay) pada saat wisuda.

Hasilnya adalah, ajang wisuda juga menjadi catwalk bagi mahasiswa dengan pilihan pakaian terbaiknya, paling kreatif, konyol, dan juga paling lucu. Pikachu, Darth Vader, alien, samurai, Power Rangers, Mona Lisa, bahkan Teenage Mutant Ninja Turtles pun terlihat berlalu lalang saat momen wisuda tersebut.

Unik, Mahasiswa Kyoto University Diizinkan Cosplay Saat Wisuda


Foto wisuda mahasiswa Kyoto University yang cosplay jadi kartu identitas. Foto/Facebook Dwarf Mamba.

Biasanya mahasiswa di Jepang mengenakan gaun, jas, atau kimono wanita tradisional untuk upacara kelulusan mereka. Tetapi Kyoto University telah menempuh jalannya sendiri.

Bagaimanapun, universitas selalu, sejak zaman kuno, menjadi pusat pemikiran kreatif - jadi mengapa tidak memberikan kesempatan kepada lulusannya untuk mengekspresikan diri setelah lulus?

Hal ini yang terjadi di Kyoto University. Kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di Jepang dan tertua kedua setelah Universitas Tokyo. Tradisi memakai kostum saat wisuda ini pun sudah dilakukan setiap tahun sehingga ratusan fotografer dan jurnalis pun tertarik mengabadikannya.

"Universitas memiliki tradisi panjang untuk bersikap anti-otoriter. Jadi saya kira akarnya sudah lama ada, meskipun universitas secara resmi tidak membiarkannya juga," kata David Hajime Kornhauser, Direktur Komunikasi GlobalKyoto University.

Unik, Mahasiswa Kyoto University Diizinkan Cosplay Saat Wisuda


Foto wisuda unik di Kyoto University. Foto/Facebook Dwarf Mamba.

Menurutnya, dirinya pun tidak mengenakan toga pada saat wisudanya di Amerika. Oleh karena itu, baginya berkostum pada saat wisuda adalah hal yang wajar. Dengan kata lain, itu semacam preferensi pribadi, apakah orang ingin menjadi tradisional atau hanya melakukan sesuatu untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara lain atau tidak.

"Tampaknya untuk waktu yang lama, mahasiswa di universitas ini telah memilih untuk menjadi apa pun yang mereka inginkan," ujarnya seraya menyebut jumlah mahasiswa yang berkostum pada saat wisuda hanya sekitar 10 % dari total wisudawan.

Kyoto University didirikan pada 1897, tetapi meskipun menjadi salah satu kampus tertua, Kyoto University tidak takut menantang tren yang sudah mapan.

Unik, Mahasiswa Kyoto University Diizinkan Cosplay Saat Wisuda


Foto mahasiswa cosplay saat wisuda di Kyoto University. Foto/Facebook Dwarf Mamba.

Pendekatan semacam itu, yang membebaskan mahasiswa berkreasi pun diperlukan. Terlebih di antara para alumninya banyak orang-orang kreatif yang muncul.

Misalnya peraih Nobel Kimia 2019 Yoshino Akira yang juga menjadi salah satu dari tiga penemu baterei lithium ion untuk ponsel cerdas dan penulis terkenal Jepang Takakura Teru.

Memang kostum mewah pada saat upacara kelulusan tidak serta merta membuat Anda terkenal, tapi kreativitas harus mendapat kesempatan di berbagai momen apapun.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5033 seconds (0.1#10.140)