5 PTN yang Membuka Jalur Mandiri Prestasi, dari UGM hingga Unpad

Rabu, 05 April 2023 - 14:48 WIB
loading...
5 PTN yang Membuka Jalur Mandiri Prestasi, dari UGM hingga Unpad
Sedikitnya ada lima Perguruan Tinggi Negeri yang akan membuka jalur mandiri prestasi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan membuka jalur mandiri prestasi . Beberapa di antaranya masuk dalam daftar Universitas favorit.

Jalur mandiri prestasi merupakan seleksi mahasiswa baru yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada lulusan dari SLTA sederajat berprestasi dalam bidang tertentu.

Dari sekian banyaknya PTN yang ada di Indonesia, ada beberapa universitas yang kini sudah membuka jalur mandiri prestasi untuk lulusan dari SLTA sederajat.


Berikut lima PTN yang sudah membuka jalur mandiri prestasi:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada kini telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jalur mandiri prestasi yang disebut dengan Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi 2023.

Melansir dari laman resminya, jalur ini akan diperuntukan bagi pemenang/juara lomba di bidang siswa olahraga, seni, dan IPTEK sesuai Program Studi yang dipilih. Sedangkan untuk tingkatan juara yang diakui dimulai dari tingkat provinsi hingga internasional.

Bagi para lulusan SLTA yang akan mendaftar jalur ini berusia maksimal 25 tahun, memiliki prestasi akademik baik dan konsisten, surat keterangan lulus dan memiliki ijazah SLTA sederajat. Sementara itu untuk biaya pendaftarannya sebesar Rp250.000 per anak

2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro pada tahun 2023 ini juga telah membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri prestasi dengan nama Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

UNDIP membuka jalur prestasi untuk mahasiswa barunya itu untuk bidang olahraga, jalur seni, keagamaan serta Teknologi dan Jalur Sosial Humaniora.

Persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar diantaranya adalah lulusan 3 tahun terakhir (2021, 2022 dan 2023) dari SLTA sederajat dan memiliki nilai rata-rata rapor per semester 70 (Skala 100). Sementara untuk biaya pendaftarannya sebesar Rp250.000 per anak.

3. IPB University

Institut Pertanian Bogor juga telah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa barunya melalui jalur mandiri prestasi. Sejumlah persyaratan pun harus dilengkapi para peserta sebelum mendaftar.

Beberapa persyaratan yang harus dilengkapi diantaranya seperti Lulus SMA/Sederajat jurusan IPA atau SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis,TKJ pada tahun 2023 dan berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Untuk pengumuman atau hasil pendaftaran jalur mandiri prestasi akan diumumkan pada tanggal 14 April 2023. Biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa baru jalur ini sebesar Rp250.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)