2 Dosen Muda UI Lulus Program Kepemimpinan Ilmuwan Kelas Dunia

Kamis, 06 April 2023 - 09:47 WIB
loading...
A A A
Ia berkolaborasi bersama Prof. Deden Rukmana, diaspora Indonesia sekaligus Chair of the Department of Community and Regional Planning at Alabama A&M University.

Baca juga: 92 Program Studi ITS Siap Terima Mahasiswa Baru Lewat SNBT 2023

Keduanya menyusun riset terkait partisipasi publik dalam rekonstruksi rumah pascabencana. Ide ini telah disampaikan ke sejumlah stakeholder, yaitu perwakilan komunitas dan lembaga pemerintah di Kabupaten Pacitan.

“Saya berharap ada kelanjutan dari program ini dan lebih banyak peneliti muda Indonesia ikut terlibat sehingga memperluas wawasan dan kolaborasi dengan peneliti dari multidisiplin ilmu,” harapnya.

“Pengalaman selama kegiatan ini menjadi bekal untuk menjadi periset yang tidak hanya ada di menara gading, tetapi juga bisa menghasilkan riset yang berdampak,” lanjutnya

SLC adalah program pengembangan kapasitas yang dirancang oleh The Conversation Indonesia bersama sejumlah ahli kepemimpinan dari Amerika, Eropa, dan Asia untuk mengembangkan peneliti Indonesia menjadi pemimpin sains di masa depan.

Program ini diselenggarakan pertama kali pada 2022/2023 dan dirancang berdasarkan studi yang dilakukan pada 2021. Para peserta kegiatan ini merupakan early-to-mid-career researchers dari perguruan tinggi, lembaga riset, non-governmental organization (NGO), dan start-up dengan keahlian dan keilmuan beragam.

Pelatihan diawali dengan self leading, leading the system, hingga innovation sprint. Immunity to Change adalah bagian yang menarik sebelum memasuki Innovation Project Sprint karena peserta tidak hanya digali potensinya, tetapi juga digali hal-hal yang menghambat diri untuk berkembang.

Selanjutnya, di bagian Innovation Project Sprint, peserta diminta mengangkat masalah yang terkait penelitian dan mencari solusinya melalui berbagai ide inovasi.

Selama 9 bulan, para peserta menjalani program intensif berupa seminar dan lokakarya, mentoring, 1-on-1 coaching, peer learning, dan pembelajaran melalui learning machine system untuk menggali potensi dan kapasitas mereka sebagai pemimpin sains.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)